Analisis Uji Keterbacaan Modul Fisika Berbasis STEM Education Materi Usaha dan Energi
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.564Keywords:
modul fisika, STEM, pembelajaranAbstract
Modul merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang pembelajaran. Pembelajaran STEM haruslah mampu mengajak siswa untuk belajar secara mandiri, kreatif, dan berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil uji keterbacaan modul fisika berbasis STEM education materi usaha dan energi. Data diperoleh dari angket skala Likert yang kemudian dianalisis secara kuantitatif. Dari hasil analisis terdapat perbedaan hasil uji keterbacaan yang tidak signifikan pada dua kelompok uji sehingga dapat disimpulkan bahwa modul layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran STEM.References
Alias, N., & Siraj, S. (2012). Design and development of physics module based on learning style and appropriate technology by employing Isman instructional design model. Turkish Online Journal of Educational Technology.
Alias, N., Siraj, S., DeWitt, D., Attaran, M., & Nordin, A. (2013). Evaluation on the Usability of Physics Module in a Secondary School in Malaysia: Students’ Retrospective. Malaysia Online Journal of Educational Techology.
Azwar, S. (2016). SELEKSI AITEM DALAM PENYUSUNAN SKALA PSIKOLOGI. Buletin Psikologi. https://doi.org/10.22146/BPSI.13277
Egarievwe, S. U. (2015). Vertical Education Enhancement – A Model for Enhancing STEM Education and Research. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 177(July 2014), 336–344. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.354
Honey, M., Pearson, G., & Schweingruber, H. (2014). STEM Integration in K – 12 Education Status , Prospects , and an Agenda for Research.
Kuswandari, M., Sunarno, W., & Supurkowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Pengukuran Besaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika.
Laboy-Rush, D. (2011). Integrated STEM Education through Project-Based Learning. Learning.Com.
Stohlmann, M., Moore, T., & Roehrig, G. (2012). Considerations for Teaching Integrated STEM Education. Journal of Pre-College Engineering Education Research. https://doi.org/10.5703/1288284314653