Pengembangan Buku Suplemen Kurikulum 2013 berbasis Flipbook Tema Kearifan Lokal Kalsel untuk Siswa Kelas V SD di Masa Pandemik Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.562Keywords:
Buku Suplemen, Flipbook, Kalsel, Kearifan lokalAbstract
Tujuan penelitian ini mengembangkan buku suplemen kurikulum 2013 tema kearifan lokal Kalsel yang valid dan menarik. Suplemen pembelajaran yang dikembangkan berbentuk flipbook. Flipbook menampilkan gerakan-gerakan yang seolah-olah membuka dan menutup halaman buku. Tema kearifan lokal Kalsel berupa pandangan hidup dan ilmu pengetahuan yang berwujud pada aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Tema Kearifan lokal Kalsel adalah tema “Banuaku”. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four D, dengan tahap (define, design, develop, disseminate), dengan modifikasi dengan meniadakan developmental testing. Dengan alasan, keadaan masa pandemik Covid-19 membatasi ruang gerak dalam penelitian ini. Produk ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, validasi pengguna guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket dibagikan kepada validator ahli, dan validator pengguna. Hasil validasi ahli materi dengan skor 67, ahli bahasa 56, dan ahli media 68. Validasi pengguna guru dengan skor 71,5, 82, 76 dan 81 dengan kriteria (valid). Validasi pengguna siswa dengan nilai 93, 100, 100, dan 100. Hasil validasi ahli dan pengguna menunjukkan valid, menarik, dan layak digunakan di kelas V sekolah dasar. Produk ini digunakan oleh guru sebagai alternatif sumber belajar siswa.References
Andani, Tri, Dika. & Yulian, Muammar. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook pada Materi Hukum Dasar Fisika di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. (JIPI) Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. Vol. 2, No. 1. Hal 1-6.
Astini, Ni Komang Suni. 2020. "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid19." Jurnal Lampuhyang 13-25.
Dahlia, 2020. Pengembangan Modul Interaktif Muatan Lokal untuk Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi tidak diterbitkan. Banjarmasin: STKIP PGRI Banjarmasin.
Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan , and Epa Paujiah. 2020. "Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru:Hambatan, Solusi dan Proyeksi." Lembaga Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Jati.
Kristiawan, M. (2014). A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Journal of Human Social Science Research.
Kusuma, Wijaya Jaka, and Hamidah. 2020. "Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform WhatsApp Group dan Webinar Zoom dalam Pemelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pendemik Covid 19 ." Jurnal Pendidikan Matematika 97-106.
Listyarini, Ikha., Saputra J.H., Basyar, Khairul. 2018. Pengembangan Media Digital Book Berbasis FIipbook Maker Materi IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Semarang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang.
Miswanto. 2020. Pengembangan Buku Siswa Bercirikan Penemuan Terbimbing Materi Eksponen. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.
Saputra, Januar, Henry. & Mushafanah, Qoriati. 2017. Pengembangan Media Koran Materi IPA di Sekolah Dasar melalui Flipbook Maker. Seminar Nasional Hasil Penelitian (SNHP)-VII. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Thiagarajan, Sivasailam, D S Semmel , and M I Semmel . 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan.
Prostowo, A. (2014). Pengembangan Bahan AjarTematik. Jakarta: Kencana.