Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori dan Sejarah Sastra dengan Soal Teka-Teki Silang

Yunita Anas Sriwulandari, Ika Oktaviana Purnamasari

Abstract


Pengembangan berikut merupakan penelitian pengembangan bahan ajar yang vital/penting dalam salah satu variabel pada proses kegiatan pembelajaran. Secara khusus penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar matakuliah teori dan sejarah sastra dengan soal teka-teki silang bagipeserta didik Bahasa Indonesia untuk pembelajar pada tingkat/semester 1, yang meliputi tentang teori sastra dan kitab-kitab sastra Indonesia dengan variasi latihan/soal teka-teki silang. Penelitian ini merujuk pada model penelitian R&D dengan penerapan tahap Pengembangan Produk, validasi ahli, dan revisi produk. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa masukan, pendapat dan komentar yang dikemukakan oleh beberapa validator ahli materi, bahasa dan desain. Berdasarkan hasil validator beberapa ahli, bahwa pengembangan bahan ajar tersebut layak di implementasikan pada mata kuliah teori dan sejarah sastra.

Keywords


Pengembangan; Bahan Ajar; Teka-teki silang

References


Arumdyahsari, Sheilla. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya. Jurnal Pendidikan. Teori, Penelitian dan Pengembangan. Volume: 1 Nomor: 5. Mei 2016. (828-834)

Aryanti, Meilan. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Peserta didik Prodi PBSI, FKIP, Unissula. Jurnal Kredo. Volumeo: 1 Nomor: 2 2018 (72)

Borg, W. & Gall, M. 1983. Educational Research: An Introduction, New York: Longman

Depdiknas. 2004. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta: Depdiknas

Mbulu, J. dan S. (2004). Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Universitas Negeri Malang

Pertiwi, Suci, dkk. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan. Teori, Penelitian dan Pengembangan. Volume: 3 Nomor: 3. Maret 2018. (278-285)

Sitepu, B. P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono, Eko I. Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Model Belajar Mandiri Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan. Teori, Penelitian dan Pengembangan. Volume: 3 Nomor: 2 2014 (83-89)

T-TEL Professional Development Programmed. 2016. Theme 5: Teaching and Learning Materials (Professional Development Guide for Student Teachers). Published by the Ministry of Education (Ghana), under Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International. Available online at http://oer.t-tel.org. Version 1, Desember 2016.

Widodo, Chomsin. dan Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i4.531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar