Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Mata Kuliah Geografi Regional pada Jurusan Pips

Authors

  • Nur Cholifah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.528

Keywords:

Pendidikan karakter, Pendidikan multikultural, Geografi regional

Abstract

Penguatan karakter menjadi salah satu tujuan utama dalam sistem pendidikan nasional. Penguatan karakter melalui pengembangan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran dengan tujuan yaitu agar peserta didik mampu melihat kemajemukan dengan pemikiran terbuka, menerima dan menghargai perbedaan. Penanaman karakter diharapkan mampu mencetak generasi yang berpengetahuan dan memiliki karakter yang kuat. Penelitian ini  menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Implementasi nilai multikultural pada pembelajaran matakuliah geografi regional meliputi tiga nilai karakter: demokratis, toleransi, dan kerjasama. Ketiga nilai tersebut mampu diterapkan oleh peserta didik dalam pembelajaran yang tercermin pada sikap saling menghargai perbedaan budaya, memberikan kesempatan berpendapat, bermusyawarah, dan penyatuan ide bersama.

Author Biography

Nur Cholifah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Dosen Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

References

Aheniwati. (2019). Pengaruh Internet Bagi Anak. Jurnal Edukasia, 6(2), 8.

Chayati, N., & Supriyanto, E. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Sikap Demokratis di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Jurnal Pendidikan Sosial, 25(2), 14.

Danoebroto, S. W. (2012). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1), 14.

Dawam, A. (2003). “ Emoh” sekolah: Menolak“ komersialisasi pendidikan” dan“ kanibalisme intelektual”, menuju pendidikan multikultural. Inspeal Ahimsakarya Press.

Fida, A. N., Pd, S., & Pd, M. (2016). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sosiologi SMA. Jurnal PPKn & Hukum, 11(2), 20.

Hanafy, M. S. (2015). Pendidikan Multikultural dan Dinamika Ruang Kebangsaan. Jurnal Diskursus Islam, 3(1), 21.

Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2(1), 91–98.

Jaya, E. (2013). Pendidikan Multikultur: Membangun Keberagaman Inklusif dan Moderat di Kalimantan Barat. Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(1), 8.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Remaja Rosdakarya Offset.

Koni, S. M. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. TADBIR:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 37–43.

Marhadi, S. K. (2019). Pengantar Geografi Regional. Penerbit ombak.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2rd, ed) (2rd ed.). Sage Publication.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Munawar, S. A. H. A., & Halim, A. (2005). Fikih Hubungan Antar Agama. Ciputat Press.

Nieto, S. (2002). Language, Culture, and Teaching. Lawrence Earlbaum Associates Publishers.

Rahmawati, K., & Fatmawati, L. (2016). Penanaman Karakter Toleransi di Sekolah Dasar Inklusi Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural. 10.

Sapendi, S. (2015). Internalisasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Pendidikan Tanpa Kekerasan). Raheema, 2(1). https://doi.org/10.24260/raheema.v2i1.172

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 78–91. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a6

Wajdi, F. (2010). Pendidikan Karakter Dalam Islam: Kajian Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Studi Al-Quran, VI(I).

Wibowo, P. (2010). Tionghoa Dalam Keberagaman Indonesia: Sebuah Perspektif Historis Tentang Posisi dan Identitas. 18.

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033

Published

2020-11-30

Issue

Section

Education and Social Science