Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata pada Anak Didik Kelompok B2 TKN Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar

Authors

  • Eko Agus Ningsih TKN Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.407

Keywords:

Kemampuan Membaca, Media Kartu Kata, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan pemanfaatan media kartu kata dalam peningkatan kemampuan membaca anak didik kelompok B2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 TKN Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Hasil dari penelitian ini adalah kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar klasikal prasiklus mencapai 53,9%, siklus I sebesar 64,5%, dan siklus II sebesar 77,23%. Selain itu, proses pelaksanaan pembelajar menunjukkkan bahwa siklus I mencapai hasil 68% dan siklus II mencapai hasil 90,7%. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dan kualitas proses pembelajaran membaca.

References

Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Filosofis, Metodologi & Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media.

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas, 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis Melalui Permainan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2008. Metode pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masitoh, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahardi, Arsito. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Sumantri, Mulyani & Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Zaman, Badru, dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2019-11-30

Issue

Section

Education and Social Science