Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri

Authors

  • Suparmi Suparmi SDN Kraton Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.398

Keywords:

Hasil Belajar Menyimak, Contxtual Teaching and Learning (CLT), Cerita Rakyat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penggunaan model pembelajaran CTL terharap peningkatan hasil belajar menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui penggunaan model pembelajaran CTL dalam meningkatan aktivitas belajar menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 75% dengan nilai rata-rata kelas 75. Setelah dilaksanakan siklus II, nilai rata-rata kelas maningkat menjadi 83 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 8 dengan kenaikan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 18,75%. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan jumlah rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yakni sebanyak 307 dengan persentase keaktifan belajar siswa sebesar 53,21% dengan kriteria “Cukup”. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II. Jumlah rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II yakni sebanyak 423 dengan persentase keaktifan belajar siswa sebesar 73,44% dengan kriteria “Baik”.

References

Baharudin, H dan Esa Nur Wahyuni. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Haryadi dan Zamzani. 1996. Peningkatan Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, dkk. 2003. Mengapa CTL Menjadi Pilihan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Saiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Djago. 2007. Pengembangan Ketrampilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Teknik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2019-11-30

Issue

Section

Education and Social Science