Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kanigoro

Authors

  • Devi Vitriana Purwanto State University of Surabaya
  • Harmanto Harmanto Universitas Negeri Surabaya
  • Ismet Basuki Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.345

Keywords:

model ARIAS, motivasi berprestasi, hasil belajar IPS

Abstract

Penelitian’ ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran ARIAS dan motivasi berprestasi’ terhadap hasil belajar. Penelitian quasi eksperiment ini menggunakan rancangan faktorial 2x2‘nonequivalent control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan angket motivasi berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ARIAS dibanding siswa dengan model direct instruction pada mata pelajaran IPS; (2) ada perbedaan hasil belajar antara siswa’motivasi berprestasi tinggi dengan siswa motivasi berprestasi rendah; (3) terdapat’ interaksi antara penerapan model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

References

Blasco-Arcas, L., Buil, I., Hernández-Ortega, B., & Sese, F. J. (2013). Using clickers in class. the role of interactivity, active collaborative learning and engagement in learning performance. Computers and Education, 62, 102–110. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.019

Desri rosya, nilma. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Arias Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Viii Pada Smp N 10 Padang. Economica, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.22202/economica.2015.v4.i1.309

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ginns, P., Martin, A. J., & Papworth, B. (2018). Student learning in Australian high schools: Contrasting personological and contextual variables in a longitudinal structural model. Learning and Individual Differences, 64(February), 83–93. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2018.03.007

Hasibun, E. K. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa UIN SU Medan Pada MataKuliah Statistika Matematika Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS. AXIOM, VII(2).

Hidayati, I. (2016). Implementation Of ARIAS Learning Model To Improve Student ’ S Creative Thinking Ability Program Studi Pendidikan Fisika FPMIPA IKIP Mataram Email : Pounya_iffah@yahoo.co.id. 4(1), 38–41.

Keller, J. M. (2010). Motivational design for learning and performance: The ARCS model approach. In Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1250-3

Leliavia, Muhdhar, M. H. I. Al, & Suwono, H. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran ARIAS Dipadu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(4), 569–574.

Maryani, E. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Vol 9 No 1, 9(1), 1–111.

N, H. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kognitif, motivasi, dan aktivitas belajar siswa pada konsep ekosistem di MTsN Model Banda Aceh. AXIOM, 1, 80.

Rahman, M. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif (S. P. Umi Athelia Kurniati, ed.). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Resmawan, I. K., Pudjawan, K., & Suarjana, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Rodiah, S., Irianto, D. M., Konsep, P., Alam, P., & Kelas, D. I. (n.d.). Kata Kunci : ARIAS berbasis Saintifik, konvensional, Kemampuan Berpikir Kritis. 588–602.

TILAWA, I., & Pramukantoro, J. (2013). Penerapan Strategi Belajar Assurance, Relevance, Interest, Assesment dan Satisfaction (ARIAS) Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa pada. Jurnal Pendidikan Teknik …, 89–94. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/798

Tuckman, B. W. (1999). Conducting Educational Research Fifth Edition. Harcourt Brace College, 1–51. https://doi.org/978 92 4 150215 3

Published

2019-08-31

Issue

Section

Education and Social Science