PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL ASSURE UNTUK MEMBANTU GURU DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TENTANG ALAT UKUR LISTRIK

Authors

  • Puguh Santoso Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.319

Keywords:

Alat Ukur Listrik, Model Assure, Media Interaktif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengacu pada model Borg And Gall dengan tujuan membantu guru Fisika dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif melalui forum MGMP Fisika SMA Kabupaten Blitar. Media interaktif berupa rangkaian presentasi berisi rumus dan gambar. Data yang dihimpun didasarkan pada  ; (1) deskripsi tanggapan   ahli isi/materi; (2) deskripsi tanggapan ahli media; (3) pengamatan oleh Guru 4 orang guru terhadap aktivitas siswa; (4) deskripsi Pengamatan media hasil pengembangan penulis oleh Guru (4 orang) yang secara langsung mengamati  media ini dan (5) deskripsi tanggapan siswa terhadap penggunaan media ini guna dikembangkan pada pokok bahasan lainnya. Selain itu juga digunakan nilai hasil ulangan harian sebelum menggunakan media interaktif sebagai pretest dan nilai ujicoba menggunakan media interaktif sebagai postest yang kemudian dibandingkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh setelah menggunakan media interaktif ini. Dalam penelitian ini menggunakan software Microsoft power point untuk menyajikan materi “Alat Ukur Listrik†yang dikemas dalam bentuk media interaktif dengan menggunakan model pembelajaran Assure. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah berupa fakta kenaikan perolehan nilai sebesar 11,13 % dari sebelumnya.

Author Biography

Puguh Santoso, Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Blitar

Pengawas SMA

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran, Divisi Buku Perguruan Tinggi. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada, Rajawali Press.

Bintas, J. & Gelibolu, M. F. (2010). The evaluation of introduction level computer- assisted symbolic logic based on realistic mathematcs education and guided discovery learning approach. International Journal Of Instructional Technology And Distance Learning. 7(2). 61-71.

Degeng, Sudana. (2005). Pengaruh Teknologi Terhadap Peningkatan Sumber Daya Manusia. Surabaya : Garden Palace Hotel.

Gagne, M. R., Briggs, J.L. & Wagner, W. W. (1992). Principles of Instructional

Gall, M. D., Gall, J. P & Borg, W. R. (2003). Education research: An introduction,7th Eddition. Boston: Allyn & Bacon.

Kemahyasa. (2012). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Model Borg and Gall. Jurnal Pascasarjana Undiksha Vol 1, No 2 (2012). Singaraja

Kemp, JE. (1985). The Intructional Design Process. New York : Harper & Row Publisher, Inc.

Peraturan Pemerintah. No 19 Tahun 2005. Bab I Ayat 6 Tentang Standar Proses Pendidikan Nasional Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional RI

Smaldino, S. E., Lowther, D. L & Russell, J. D. (2008). Istructional teknology & media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk balajar (Terjemahan) Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana.

Published

2019-05-22

Issue

Section

Education and Social Science