ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA DENGAN TEORI RESPON BUTIR

Authors

  • Devi Dwi Kurniawan Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.316

Abstract

Studi ini bertujuan untuk melihat kualitas tes ujian akhir semester (UAS) matematika dengan teori respon butir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah respon siswa dalam tes bentuk pilihan ganda UAS I matematika kelas VIII SMP Pondok Modern Selamat Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk melihat kualitas soal UAS I matematika dengan teori respon butir dilakukan dengan bantuan program BILOG. Pada penelitian ini analisis kualitas soal dengan teori respon butir menggunakan model dua parameter logistik (2-PL) yakni parameter daya beda (a) dan parameter tingkat kesukaran (b). Hasil analisis kualitas soal menggunakan program BILOG menunjukan bahwa dari 30 butir yang dianalisis dengan teori respon butir model dua parameter logistik terdapat 13 butir (43,33%) yang termasuk dalam kategori butir yang baik, sedangkan 15 butir (50%) yang termasuk kategori yang tidak baik dan 2 butir (6,67%) yang secara otomatis gugur saat proses analisis sehingga tergolong kedalam kategori butir yang tidak baik.

References

Allen, Mary J., & Yen, Wendy M. (1979). Introduction To Measurement Theory. California: Brooks/Cole Publishing Company.

Anastasi, A., & Urbina, S. (1997). Tes Psikologi. (Edisi Bahasa Indonesia), Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Hamblenton, R.K. dan Swaminathan, H. (1985). Item response theory. Boston, MA: Kluwer Inc.

Hamblenton, R.K., Swaminathan, H. & Rogers, H.J. (1991). Fundamental of item response theory. Newbury Park, CA: Sage Publication Inc.

Ariyana, Lilis Tri. (2011). Analisis Butir Soal Ulangan Semester Gasal IPA Kelas IX SMP di Kabupaten Grobokan. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Published

2019-05-22

Issue

Section

Education and Social Science