Umpan Balik dan Gaya Kognitif Pada Matakuliah Pembelajaran Matematika di Kediri

Sofwan Hadi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris tentang bentuk umpan balik dan gaya kognitif terhadap kemampuan kognitif siswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah PGSD UNP Kediri. Pemilihan kelas dilakukan dengan membuat kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilanjutkan dengan pengelompokan mahasiswa masing-masing kelas ke dalam dua gaya kognitif yang berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2 x 2. Hasil menunjukkan tidak terdapat interaksi antara bentuk umpan balik dengan gaya kognitif mahasiswa terhadap kemapuan kognitif pada mata kuliah Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah.

Keywords


Umpan balik, gaya kognitif, pembelajaran matematika kelas rendah

Full Text:

PDF

References


Ardana, I. M. (2008). Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Pengembangan Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya Kognitif dan Berwawasan Konstruktivis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 1–14.

Cole, P. G., & Chan, L. (1994). Teaching principles and practice. New York: Prentice Hall.

Nasution, D. (2007). Pengaruh Urutan Bukti, Gaya Kognitif, dan Personalitas Terhadap Proses Revisi Keyakinan. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sofwan Hadi. (2008). Proses Konstruksi Pengetahuan Siswa Pada Pembelajaran Perbandingan Trigonometri. Universitas Negeri Malang, Malang.

Sudjana, N. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Supardi. (2008). Diktat Kuliah : Aplikasi Statistik dalam Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar