PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN ICE BREAKING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.253Keywords:
Kreativitas guru, ice breaking, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Artikel ini merupakan hasil kajian yang membahas tentang hubungan antara kreativitas guru serta motivasi dan perhatian siswa sekolah dasar selama proses belajar mengajar dengan hasil belajar siswa.. Kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran dapat diukur melalui aspek fluency, flexibility, novely (originaly), dan eleborasi. Sedangkan motivasi dan perhatian siswa ditunjukkan dengan antusiasme dan semangat belajar siswa selama pembelajaran di kelas. Hasil kajian ini ditemukan bahwa (i) tidak semua siswa memiliki motivasi dan perhatian yang penuh selama proses belajar mengajar karena kurangnya konsentrasi (ii) perolehan hasil belajar siswa berhubungan dengan aspek motivasi dan perhatian siswa (iii) kreativitas guru dalam melakukan ice breaking saat proses belajar mengajar memiliki hubungan dengan motivasi dan hasil belajar siswa.References
Kamus Bahasa Indonesia online. Tersedia di KBBI. Kemendikbud.go.id. Diakses 3 maret 2018.
Ali Muhammad Syaikh Quthb, 2005. Amal sholeh pengantar ke surga dan penyelamat dari neraka, Jakarta Timur: Pustaka al-Kautsar.
Ambini, R. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Melalui Pemberian Ice Breaker Pada Siswa Kelas V Sdn Monggang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 29 Tahun ke 5.
Hoseinifar, J., Siedkalan, M. M., Zirak. S. R., Nowrozi, M., Shaker, A., Meamar, E., dan Ghaderi, E. 2011. An Investigation Of The Relation Between Creativity And Five Factors Of Personality In Students. Procedia Social and
Behavioral Sciences Vol. 30: 2037-204I.
Irachmat, M. R. 2015. Peningkatan Perhatian Siswa Pada Proses Pembelajaran Kelas III Melalui Permainan Icebreaking Di SDN Gembongan. Jurnal
Lutfi Fatih. 2014. Pembelajaran Menggairahkan dengan Ice breaking. Jurnal studi Islam Madinah Vol.11:1014
Morgan, C., Tickly C., dan Watson, A. 2004. Mathematics Teaching School
Subject 11-19. London and NewYork : Routledger Falmer.
Mulyadi, 2004. Bermain dan Berkreativitas Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain. Jakarta: Papas Sinar Sananti.
Nadjafikhah, M., dan Yaftian, N. 2013. The Frontage of Creativity and Mathematical Creativity. Procedia Social and Behavioral Sciences Vol. 90: 344-350.