KIAT BEROLEH KEMAMPUAN MENULIS: KOREKSI KARANGAN OLEH TEMAN SEJAWAT

Authors

  • Sempu Dwi Sasongko

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.250

Keywords:

Kiat, kemampuan menulis, koreksi teman sejawat

Abstract

Kemampuan menulis merupakan kemampuan berbahasa yang perlu  mendapat perhatian dosen karena banyak mahasiswa kurang mampu menulis. Untuk itu, pembelajaran menulis perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester II tahun akademik 2017/2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Kedosenan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. Simpulan penelitian salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah pemanfaatan koreksi hasil tulisan mahasiswa oleh teman sejawat. Aktivitas ini terbukti menjadi kiat mahasiswa beroleh kemampuan menulis.Melalui strategi ini mahasiswa mendapat contoh tulisan yang baik, mahasiswa juga mampu mengoreksi kesalahan teman sebayanya. Di sisi lain tugas koreksi dosen sedikit banyak berkurang, sehingga dosen dapat melakukan kontroluntuk perbaikan dan peningkatan kemampuan menulis. Dosen dapat mencipta kiat beroleh kemampuan berbahasa.

References

Halimi, S.. 2004. Mengurangi Beban Mengajar Mengarang: Pengembangan Siswa

Belajar Mandiri. Dalam PELBBA 17. (hlm55-71). Jakarta: Yayasan Obor

Indonesia.

Handayani, Sri. 2008. Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Metode Koope-

Tif Jigsaw pada Siswa SMPN 2 Tanon, Sragen. Dalam Efendi, A. (Ed.),

Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif.Yogyakarta: Tiara Wacana

Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Parera, J.D.. 1997. Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga.

Pateda, M.. 1991. Linguistik Terapan. Yogyakarta: Kanisius.

Pitoyo, A.. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Per-

Cepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan

Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Disertasi tidak

Diterbitkan. Surkarta: Program Pascasarjana UNS.

Suroso. 1995. Pelaksanaan Penilaian Karangan Siswa Sekolah Dasar. Laporan

Penelitian. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Published

2018-11-20

Issue

Section

Education and Social Science