Biblio-Konseling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Alternatif Layanan kepada Siswa

Authors

  • Sigit Hariyadi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.237

Keywords:

Biblio-Counseling, Cerita rakyat, Konseling, Sekolah,

Abstract

Kompleksitas persoalan siswa meluas tidak hanya dalam kaitan karakter, moral atau perilaku maladaptive saja. Lebih jauh dari itu tidak semua siswa mampu untuk mengungkap apa yang menjadi persoalan atau kebutuhannya secara verbalis. Media biblio-konseling berbasis cerita rakyat menawarkan sebuah alternative pilihan layanan yang memiliki potensi besar. Kemudahan akses pustaka yang dimiliki sekolah serta potensi biblio-konseling dalam mengajak siswa memasuki insight melalui refleksi buku menjadi media tersendiri dalam memahamkan siswa akan siapa dirinya. Selain itu kearifan local serta nilai pendidikan dalam cerita rakyat menjadi point tambah sebagai upaya pendidikan baik secara kognisi maupun afeksi kepada siswa tentang karakter dan moral. Biblio-konseling berbasis cerita rakyat diharapkan mampu menghubungkan masalah siswa dengan situasi dalam sebuah buku. Konseli akan mamahami diri dan menemukan penyelesaian masalah secara mandiri, secara khusunya dalam kaitanya dengan kearifan lokal setempat.

Author Biography

Sigit Hariyadi, Universitas Negeri Semarang

Dosen pada Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang

References

Danandjaja, James. (2007). Folklor Indonesia : Ilmu, Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Grafiti

Eliasa, Eva Imania. (2007). Biblio-counseling sebagai sebuah metode tindakan yang bermakna. Laporan Hasil Penelitian. Penelitan. Yogyakarta: FIP UNY

Fiest, J. Fiest, G.J. (2010). Teori Kepribadian : Theories of Personality. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika

Hariyadi, S., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. (2014). Bimbingan Kelompok Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).

Khairun, D. Y., & Alhakim, I. (2017). MENINGKATKAN RESILIENSI REMAJA MELALUI BIBLIOCOUNSELING. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(1).

Kramer, Karin. (2009). Using Self-Help Bibliotherapi in Counseling. Alberta: lethbridge

Noor, Rohinah M. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra : Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Jakarta : Ar Russ Media

Pehrsson, Dale-Elizabeth and McMillen, Paula. (2006). Competent Biblio-counseling: Preparing Counselors to Use Literature with Culturally Diverse Clients. ACA : Vistas Online.

Prakoso, E. T., & Kristianti, W. R. (2017). Biblio Counseling To Reduce The Effectiveness Of Student Academic Procrastination Force Of Guidance And Counseling. Satya Widya, 33(2), 93-98.

Ratna, Nyoman K. (2010). Sastra dan Cultural Studies. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Shechtman, Zipora. (2009). Treating Child and Adolescent Aggression Through Biblio-counseling. New York : Springer.

Published

2018-11-20

Issue

Section

Education and Social Science