Recognisi Multi-Strategi Dalam Stimulasi Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Pada Pengajaran Bahasa Reseptif

Authors

  • Saptono Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v9i3.1843

Keywords:

AUD, Teaching, Recognition, Receptive

Abstract

The research focused on exploring effective strategies for learning receptive language in an effort to foster stimulus-response to improve AUD language acquisition skills. The SLR research method emphasizing library review was used to analyze ten journals highlighting strategy development in improving the quality of education. Using a descriptive qualitative approach, this study identified effective strategies in the stimulation of early childhood listening skills in receptive language teaching. Data were collected through text observation, content analysis, and documentation. It shows that stimulation of AUD language teaching can be achieved through various methods, supporting cognitive, social, and emotional development. This abstract summarizes the main findings from ten research articles that discuss effective strategies in the context of language teaching in AUD.

Author Biography

Saptono Hadi, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Afian, B. H. N. (2023). Penguasaan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Pasca Pembelajaran Daring. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 442-453.

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini dalam memperkenalkan bahasa inggris melalui flash card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274-279.

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi perkembangan bahasa anak usia dini melalui lagu kreasi minangkabau pada anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73-84.

Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode penelitian kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646-2653.

Darihastining, S., Mardiana, W., Misnawati, M., Sulistyowati, H., Rahmawati, Y., & Sujinah, S. (2023). Penerapan Berbagai Hipotesis Pemerolehan Bahasa Kedua Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 685-698.

Dini, J. P. A. U. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860-1869.

Elan, E., Rahman, T., & Fithriyati, N. A. (2023). Analisis Buku Cerita Bergambar Untuk Memfasilitasi Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 1-10.

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237-246.

Hadi, S. (2017). Story-telling: Upaya meningkatkan daya simak dalam keterampilan menyimak interaktif berbahasa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 163-177.

Hadi, S., & Chairyadi, E. (2022). Bimbingan Teknis Kepenulisan Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Proposal Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(2), 77-86.

Hadi, S., & Hermawan, A. (2020). Hidden Card untuk Meningkatkan Kompetensi Pragmatik Anak Prasekolah dalam Pembelajaran Kosa Kata Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 326-340.

Hadi, S., & Kusumaningrum, S. R. (2023). Studi Literatur Kebijakan Implementasi Profil Pelajar Pancasila. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 792-803.

Hadi, S., & Utami, S. (2019). Akulturasi pemerolehan kompetensi pragmatik anak usia dini pada lingkungan keluarga etnik Jawa di era revolusi digital. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(1), 35-45.

Jumiati, J., & Patilima, H. (2023). Pengaruh Parenting dalam Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita di TK DW Bungi Kelompok B. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10392-10400.

Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh storytelling berbantu media audio terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020-2029.

Maghfirah, F. (2019). Pentingnya kemampuan menyimak pada anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 11-16.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.

Pane, S. S. S., Harahap, F., & Nasution, F. (2023). Pengaruh Intelegensi terhadap Perkembangan Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3703-3709.

Rohmah, M. H., Setiawan, E., & Anggraheni, I. (2023). Meningkatkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di TA AL-AMIN Batu. Jurnal Dewantara, 5(2), 93-103.

Syamsuardi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2022). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163-172.

Tatminingsih, S. (2022). Analisis proses pengembangan big book sebagai strategi untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6123-6136.

Tika, D. D. (2021). Permainan Bahasa untuk Stimulasi Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Tematik, 7(1), 1-7.v

Triyanti, A., Darmawani, E., & Andriani, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Dengan Mendongeng Media Animasi Kartun Pada Anak Kelompok B di TK Islam Fathurrahman Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 5845-5860.

Ulfah, D., & Umiasih, E. Stimulasi Keterampilan Bahasa Reseptif Anak Melalui Kegiatan Mendengarkan Cerita Di Tk Miftahul Ulum Pandawangi Malang. Tematik, 7(2), 62-70.

Ulwiyah, I. (2022). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Verbal Anak Usia Dini Melalui Variasi Lagu. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 16-22.

Published

2024-08-31

Issue

Section

Education and Social Science