Penerapan Metode Guide Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sukowiyono Tulungagung

Authors

  • Rince Sri Wahyuningsih SDN 2 Sukowiyono, Tuluangagung

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.170

Keywords:

prestasi belajar, data dalam bentuk tabel, guide inquiry

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VI pada waktu pembelajaran Matematika diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan. Untuk itu agar dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Data dalam bentuk tabel  serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Guide Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Guide Inquiry untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Data dalam bentuk tabel  mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 63,6% dan pada siklus II 90,9%.

References

Dimiyati., & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nana, S. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2018-05-12

Issue

Section

Education and Social Science