Analisis Kepuasan Pelanggan pada Platform Dompet Digital Dana dengan Metode IPA
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1666Keywords:
Dompet Digital, IPA, Kepuasan PelangganAbstract
Perkembangan teknologi yang memungkinkan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan telah mempengaruhi banyak sektor, termasuk ekonomi, yang telah mengadopsi teknologi dompet digital. Salah satu platform yang populer di Indonesia adalah DANA. Meskipun aplikasi DANA telah mendapatkan popularitas yang signifikan, hal ini tidak berarti bahwa pengguna tidak memiliki keluhan atau kekhawatiran. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan terhadap aplikasi DANA dan memberikan rekomendasi perbaikan kepada perusahaan yang mengelolanya. Pada penelitian sebelumnya, telah dilakukan pada kota tertentu dengan responden yang tidak banyak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA), yang digunakan untuk mengidentifikasi atribut yang perlu ditingkatkan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kesesuaian pelanggan dengan kinerja aplikasi DANA adalah 97%. Dari analisis kuadran, dapat dilihat bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, perusahaan perlu fokus pada beberapa aspek, seperti meningkatkan fungsionalitas aplikasi DANA, mengurangi kegagalan transaksi, mengurangi fitur yang kurang penting, memberikan promo yang menguntungkan bagi kedua belah pihak, meningkatkan user interface, dan menyediakan promo yang menarik bagi pelanggan, serta mengurangi plugin yang tidak diperlukan dalam aplikasi.
References
Faizani, S. N., & Indriyanti, A. D. (2021). Analisis Pengaruh Technology Readiness terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Behavioral Intention dari Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk Pembayaran Digital (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi e-Wallet Go-Pay, DANA, OVO, dan LinkAja di Surabaya) .Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 02(02), 85–93. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/39738
Gunawan, A., Wahyuni, N., & Nursekha, V. (2021). Kualitas Pelayanan Aplikasi Dana Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Integrated System, 4(2), 181–198. https://doi.org/10.28932/jis.v4i2.3861
Hadining, A. F. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan Abc Laundry Dengan Menggunakan Metode Service Quality, Importance Performance Analysis (Ipa) Dan Customer Satisfaction Index (Csi). J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 15(1), 1. https://doi.org/10.14710/jati.15.1.1-10
Heryanti, A. H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Dana terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Melakukan Transaksi Secara Online sebagai Alat Pembayaran Elektronik (E-Payment). Journal on Education, 5(3), 8080–8096. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1595
Kelly, T. P. M. F. (2020). Pemasaran Jasa. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Laksono, F. A., Hadi Wijoyo, S., & Perdanakusuma, A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pengguna MyTelkomsel Dengan Menggunakan Model E-Service Quality dan E-Recovery Service Quality (Studi Kasus : Pengguna Aplikasi MyTelkomsel Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(2), 541–549. http://j-ptiik.ub.ac.id
Larasati, F. A., Ratnawati, D. E., & Hanggara, B. T. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Dana dengan Metode Random Forest. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(9), 4305–4313. http://j-ptiik.ub.ac.id
Mas Azzaqiatus Sholiha, W. M. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan. Jurnal Administrasi Kantor, 10(2), 265–275.
Minan, K. (2021). Analisis Pendekatan Metode TAM Pada Penggunaan Aplikasi E-Commerce. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1118
Musdalifah, & Hadisaputro, E. L. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Aplikasi DANA. Journal Of Computer System and Informatics, 4(1), 72–78. https://doi.org/10.47065/josyc.v4i1.2493
Nisa, C. (2021). Cash Back Return, Perceived Usefulness and Intention to Use M-Payment toward Customer Commitments in Dana Application in Surabaya City. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(4), 904–912. www.ijisrt.com
Sabila, A. R., & Kusumaningrum, L. (2020). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Pelanggan Shopee Di Kota Tangerang 2020). Jurnal Ilmiah Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT, 16(2), 72–80. https://media.neliti.com/media/publications/432268-none-d7129555.pdf
Sari, R. N., Islami, M. C. P. A., Nugraha, I., Winursito, Y. C., & Dewi, S. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan di PT. X. Juminten, 3(2), 25–36. https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.328
Septia Pratiwi, D., & Kadek Dwi Nuryana, I. (2021). Analisis Tingkat Penerimaan dan Kepercayaan Pengguna Teknologi Terhadap Penggunaan Dompet Digital DANA. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 02(04), 2021.
Setiawan, A., Maria, B., Endriyati, F. E., & ... (2022). Model Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6865–6874. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/4305
Silalahi, B. S., & Kaunang, F. J. (2022). Analisis Service Quality pada Aplikasi DANA berdasarkan Sudut Pandang Pelanggan di Daerah Bandung Menggunakan Metode Servqual dan Model Kano. TeIKa, 12(02), 121–133. https://doi.org/10.36342/teika.v12i02.2957
Subandi, N., Lubis, B. O., & Santoso, B. (2021). Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk Menganalisa Kemudahan dan Kegunaan Aplikasi Solfina Pada PT. SKK di Jakarta. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 7(1), 71–87. https://doi.org/10.37012/jtik.v7i1.504
Titi Haryani, L. S. (2022). Analysis Of The Ease And Usability Of The My-Dd Zis Online Application Dompet Dhuafa With TAM And IPA Approach. JISICOM (Journal of Information System, Informatics, and Computing, 6(2), 516–527. https://doi.org/10.52362/jisicom.v6i2.971
Widianto, K., Setiyorini, T., & Subrata, A. (2021). Kemudahan Dan Kegunaan Layanan E-Wallet Berdasarkan Model TAM Dan IPA. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, 5(2), 111. https://doi.org/10.51211/isbi.v5i2.1494