Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Pemahaman Membaca

Authors

  • I Gusti Ayu Ngurah Kade Sukiastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • AAIA Rai Sudiatmika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1651

Keywords:

Meta analisis, Model pembelajaran CIRC, Pemahaman membaca

Abstract

Penelitian meta analisis ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran CIRC di Indonesia terhadap kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menganalisis 10 penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal atau prosiding nasional dan internasional dengan terakreditasi minimal SINTA 4 dalam 6 tahun terakhir dari tahun 2017 hingga 2023. Adapun statistic yang digunakan untuk transformasi ini adalah mean, deviasi standar, dan ukuran sampel. Software yang digunakan untuk menganalisis meta adalah IBM SPSS 28. Menurut model efek acak, dengan 95% interval kepercayaan, effect size sebesar 0,75 yang berkategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC menghasilkan pengaruh yang lebih besar terhadap kemampuan membaca peserta didik dibandingkan pendekatan konvensional. Dilihat dari ciri-ciri penelitiannya, menghasilkan perbedaan yang signifikan dalam hal jenjang pendidikan, tahun studi dan wilayah tempat penelitian. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan model pembelajaran CIRC di Indonesia sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik

References

Afebri, H., Hanna, & Nggawu, L. O. (2021). The Effect of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Method Through WhatsApp Application on Students’ Reading Comprehension. Journal of Language Education and Educational Technology, 6(2), 102–119.

Badan Pusat Statistik. (2022a). IPM Gresik 2022. https://gresikkab.bps.go.id/

Badan Pusat Statistik. (2022b). IPM Kota Medan 2022. https://medankota.bps.go.id/

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. Routledge.

Donal, A., & Niati, B. (2017). The Effect of Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) on Students’ Reading Comprehension of Essay at English Study Program of University of Pasir Pengaraian. Proceeding of The 1st UR International Conference on Educational Sciences, October, 370–375.

Erlidawati, -, & Syarfuni, -. (2018). The Effect of Cooperative Integrated Reading and Composition on Reading Comprehension of IAIN Lhokseumawe, Indonesia. Advances in Language and Literary Studies, 9(4), 153. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.4p.153

Mandagi, M., Najoan, R. A., Rosamah, R. N. K. K. E., Zuyasna, A. S., Ismawati, R., & Handayani, M. Z. E. P. (2020). Book chapter inovasi pembelajaran di pendidikan tinggi (R. Widyani (ed.)).

Mikolajewicz, N., & Komarova, S. V. (2019). Meta-Analytic Methodology for Basic Research: A Practical Guide. Frontiers in Physiology, 10(203), 1–20.

Nafisah, J. (2018). THE EFFECTIVENESS OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) TECHNIQUE IN TEACHING READING COMPREHENSION ON HORTATORY EXPOSITION TEXT. 5(2).

Nasution, L. E. (2017). The Effect of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique on Students Reading Comprehension. Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL), 40–43.

Purbara, E. R., Subadiyono, & Kasmansyah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita. LINGUA : Jurnal Bahasa & Sastra, 19(1), 38–42. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2822

Rafiki, R., Abidin, Y., & Rakhmayanti, F. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Materi Ragam Teks Berbasis HOTS dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Safitri, A. F., & Mariono, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Reading Comprehension Achievement Siswa Disekolah Berbasis Pondok. 8(1), 928–932.

Safitri, D. A., & Ngaisah, S. (2018). PENGARUH METODE CIRC ( COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI CERITA. 10(1), 75–84.

Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(1), 74–82.

Siswoyo, A. A., S, A. A., A, S. F., A, N. A., & Fitrotin, D. (2022). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII SMA di Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(3), 168–176.

Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087

Sumiyani, Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN TANGERANG 5. 4(8), 118–124.

Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca. IN MEDIA.

Wulandari, U. N., Ansari, K., & Hadi, W. (2020). The Influence of Cooperative Learning Models and Learning Motivation on the Skills of Reading Students in Elementary School 101883 Tanjung Morawa Sub-District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1311–1321. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1170

Published

2023-11-22

Issue

Section

Education and Social Science