Pengembangan Aplikasi “Si Patin” Sebagai Media Pembelajaran pada Elemen Pembesaran Komoditas Perikanan Air Tawar Kelas XI SMK

Authors

  • Ida Agus Setyani UNIVERSITAS NEGERI MALANG
  • Didik Dwi Prasetya UM
  • Tuwoso Tuwoso UM

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1644

Keywords:

metode ADDIE, media pembelajaran, android

Abstract

Salah satu pengaruh perkembangan teknologi dan informasi dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan smarphone. Penggunaan  smartphone  yang terbanyak pada siswa adalah untuk bermain games dan media sosial. Untuk menanggulangi hal tersebut perlu adanya inovasi penggunaan  smartphone  sebagai media pembelajaran sehingga siswa dapat belajar dengan mandiri melalui smartphone yang mereka punya, termasuk pada elemen Teknik Pembesaran Komoditas Perikanan Air Tawar SMK kelas XI, yang sudah menggunakan aplikasi Si Patin untuk melakukan pemberian pakan dan pengukuran kualitas air pada kegiatan praktik pembesaran ikan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Developmen, Implementation, and Evaluation),  karena sederhana, tahapan-tahapannya tidak terlalu panjang dan mudah untuk dipahami, selain itu di akhir setiap tahapan dapat dilakukan evaluasi sehingga dapat meminimalisir tingkat kesalahan dan kekurangan produk yang dikembangkan. Pengujian dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan uji kelompok kecil. Instrumen  pengumpulan data untuk mengetahui kelayakan pengembangan aplikasi Si Patin, menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data validasi persentase kelayakan ahli media sebesar 96,05%, ahli materi sebesar 96,15%, dan hasil respon peserta didik pada uji kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 92,5%. Dengan demikian pengembangan aplikasi  Si Patin sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada elemen pembesaran komoditas perikanan air tawar Kelas XI SMK.

References

Anglada, D. 2007. â€An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Modelâ€. Tersedia pada http://www.pace.edu/ctlt/newsletter (diakses tanggal 17 September 2023).

Arikunto. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Karya

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Hayatunnufus, H., & Alita, D. (2020). Sistem Cerdas Pemberi Pakan Ikan Secara Otomatis. Jurnal Teknologi Dan Sistem Tertanam, 1(1), 11. https://doi.org/10.33365/jtst.v1i1.799

Mubyarto, M. M., & Sohibien, G. P. D. (2020). DETERMINAN DAYA SAING SEKTOR MANUFAKTUR UNGGULAN MENUJU PROGRAM MAKING INDONESIA 4.0 (Determinants of Competitiveness of the Leading Manufacturing Sector for Making Indonesia 4.0 Program). 2019(1), 710–719.

Putra, A. M., & Pulungan, A. B. (2020). Alat Pemberian Pakan Ikan Otomatis. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 113. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108580

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Setyani, A. (2022). Budidaya Ikan Koi di Kolam Digital, Lombok, Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Sugiyono, (2018), Metode Penelitian & Pengembangan, (Risearch and Development) Bandung, Alfabeta

Sumartono, & Huda, N. (2020). Manajemen Pendidikan Di Indonesia Sebagai Implementasi Triple Helix Untuk Mempersiapkan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Andi Djemma, 3(1).

Wagiran. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish.

Wahyudi, Ade. 2015. Indonesia, Raksasa Teknologi Digital Asia. http://katadata.co.id/opini/2015/09/29/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia#sthash.hmXDpXjY.dpbs. Diakses tanggal 20 Februari 2016.

Published

2023-11-24

Issue

Section

Education and Social Science