Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern

Authors

  • Fahru Riza Universitas Negeri Malang
  • Yoto Yoto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1643

Keywords:

EQ, Tantangan, Industri, Modern

Abstract

Tantangan dalam industri modern menuntut lebih dari sekadar pengetahuan teknis, melainkan mengharuskan individu untuk mengembangkan kecerdasan emosional. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu memahami dan mengelola emosi, berkomunikasi secara efektif, dan berkolaborasi dalam tim untuk berhasil dalam lingkungan kerja yang terus berubah. Oleh karena itu, pembangunan kecerdasan emosional siswa SMK menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam pentingnya membangun kecerdasan emosional siswa SMK sebagai persiapan menghadapi tantangan industri modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis literatur dan studi kasus dari program-program pendidikan yang telah berhasil mengintegrasikan pembelajaran kecerdasan emosional di SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kecerdasan emosional dalam kurikulum dan pembelajaran berbasis proyek serta kolaboratif efektif dalam membangun kecerdasan emosional siswa SMK. Pelatihan keterampilan sosial, kesadaran diri, dan pengelolaan emosi juga memainkan peran penting. Program-program ini telah memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk mengatasi stres, berkomunikasi, beradaptasi, serta berkolaborasi dalam dunia kerja modern. Membangun kecerdasan emosional siswa SMK adalah esensial untuk menjawab tantangan industri modern. Dengan pendekatan yang tepat, siswa dapat mengembangkan keterampilan emosional yang akan membantu meraih kesuksesan dalam karir dan berkontribusi pada lingkungan kerja yang dinamis.

References

Ali, M., Jinan, M., & Setiyarini, T. (2023). Implementasi Pembelajaran Kreatif-Produktif KH . Ahmad Dahlan melalui Teaching Factory untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(10), 7754–7758.

Febriani, F., & Supriyadi, T. (2023). Analisis Kecerdasan Emosional dan Penyesuaian Diri Siswa SMK X di Bekasi. Social Philanthropic, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.31599/sp.v2i1.2738

Firmansyah, G., & Hariyanto, D. (2019). The use of QR code on educational domain: a research and development on teaching material. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 265. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.13467

Gao, Q., Tang, W., Yang, Y., & Fu, E. (2023). Children’s emotional intelligence and aggressive behavior: The mediating roles of positive affect and negative affect. Heliyon, 9(10). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e20366

Hasim, A., Syafri, U. A., & Abdul Hayyie, A. K. (2021). Membangun Mental Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Al-Kasyaf Bandung. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 179–188. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/2506/1332

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Education. Jurnal SUNDERMANN, 28–43.

Lee, C. C., Yeh, W. C., Yu, Z., & Lin, X. C. (2023). The relationships between leader emotional intelligence, transformational leadership, and transactional leadership and job performance: A mediator model of trust. Heliyon, 9(8), e18007. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18007

Lestari, F. A., Sagala, H. H., & Nurrohman, W. (2023). Literature Review: Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 392–399. https://doi.org/10.56832/edu.v1i3.150

Lestari, W. P., & Afifah, D. R. (2016). Pengaruh Self Efficacy Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Smk Pgri 1 Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i2.263

Nugraha, D., Zaenudin, M., & Safira, F. (2023). Pengembangan Diri Dalam Standardisasi Dunia Usaha Dan Industri Melalui Kegiatan Talkshow. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1616–1627.

Sahanowas, & Halder, S. (2020). Critical thinking disposition of undergraduate students in relation to emotional intelligence: Gender as a moderator. Heliyon, 6(11), e05477. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05477

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Warsah, I., Destriani, Karolina, A., & Riza, F. (2022). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa. Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), 465–474. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i2.612

Yuliani, W. (2018). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Published

2023-11-28

Issue

Section

Education and Social Science