Mindset Wirausaha Lulusan SMK Bidang Keahlian Teknik Pemesinan
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1570Keywords:
Mindset Wirausaha, Elaboratig Mindsets, Implementing Mindset, Compulsiveness, Lulusan SMK, Teknik PemesinanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Analisa terhadap mindset para wirausaha Lulusan SMK Pemesinan yang berfokus pada konsep elaborating mindset, implementing mindset dan compulsiveness. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pedekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari empat pemilik usaha dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri dari data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing and verifying. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsep elaborating mindset yang ditemukan meliputi skills, keinginan untuk mandiri, keinginan menciptakan lapangan pekerjaan, serta dukungan dari teman dan keluarga. Sedangkan untuk melihat alasan yang digunakan dalam mempertimbangkan layak atau tidaknya sebuah usaha adalah skills, ada dan tidaknya kompetitor, modal, motivasi dan jenis usaha. Adapun Konsep implementing mindset terdiri dari cara mengidentifikasi target didapatkan melalui perkembangan pasar, permintaan customer, pesaing, mitra/teman, internet, media sosial dan instruksi dari kantor pusat, sedangkan strategi/rencana dalam meraih tujuan dengan mendalami dan mengembangkan skills, memperbanyak pengalaman di bidang usaha yang sejalan dengan skills, mempersiapkan modal usaha, membangun jaringan bisnis/relasi. Analisis yang terakhir diketahui bahwa skills, modal, dan peluang menjadi faktor yang mempengaruhi konsep compulsiveness.References
Brownson, C. D. (2014). Does-Constituent-Of-Entrepreneurial-Culture-Differ-In-Individuals1.pdf. European Centre for Research Training and Development (Www.Ea-Journals.Org), 2(2), 22–27.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SIstem Pendidikan Nasional.
Samsudi, Widodo, J., & Margunani. (2016). Strategi Kemitraan SMK Dengan Stakeholders Dalam Pengembangan Kewirausahaan Lulusan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(2), 175-180.
Sandirasegarane, S., Sutermaster, S., Gil, A., Volz, J., & Mehta, K. (2016). Context-Driven Entrepreneurial Education in Vocational Schools. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 3(2), 106–126.
Mukesh, H. V., Rao, A. S., & Pillai, R. (2018). Entrepreneurial Potential and Higher Education System in India. The Journal of Entrepreneurship, 27(2), 1–19. https://doi.org/10.1177/0971355718781275
Slamet, R. (2016). Membangun Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kemandirian Di Studentpreneur Academy Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Kalijaga.
Israr, M., & Saleem, M. (2018). Entrepreneurial intentions among university students in Italy. Journal of Global Entrepreneurship Research. https://doi.org/10.1186/s40497-018-0107-5
Rachmadi, H. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Kompetensi dan Pengalaman Untuk Menciptakan Wirausaha Baru Pada Siswa SMK Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, 13(1), 204–213.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Prakarya dan Kewirausahaan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Mopangga, H. (2014). Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 13(1), 78–90. http://repository.ung.ac.id/get/simlit/1/1017/1/Faktor-Determinan-Minat-Wirausaha-Mahasiswa-Fakultas-Ekonomi-dan-Bisnis-Universitas-Negeri-Gorontalo.pdf
Mathisen, J. E., & Arnulf, J. K. (2014). Entrepreneurial Mindsets: Theoretical Foundations and Empirical Properties of a Mindset Scale. International Journal of Management and Business, 5(1), 81–97. https://doi.org/10.5465/AMBPP.2012.13739abstract
McMullen, J. S., & Kier, A. S. (2016). Trapped by the entrepreneurial mindset: Opportunity seeking and escalation of commitment in the Mount Everest disaster. Journal of Business Venturing, 31(6), 663–686. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2016.09.003
Malinda, M. (2002). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Seorang Berwirausaha. Jurnal Manajemen Maranatha, 1,105-117. https://doi.org/10.28932/jmm.v1i2.150
Stoner, J. A. F., Freeman, R. E., Gilbert, D. R., & Sindoro, A. (1996). Manajemen (Cetakan 1). Prenhallindo.
Sari, R., & Hasanah, M. (2019). Pendidikan Kewirausahaan. K-Media.
Firmansyah, M. A., & Roosmawarni, A. (2019). Kewirausahaan (Dasar dan Konsep). Qiara Media.
Raharjo, N. D. (2007). Analisis Pengaruh Variabel-Variabel yang Berkaitan dengan Strategi Diferensiasi Produk terhadap Kinerja Pemasran dalam Memenangkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 6(1), 121–136.
Kertajaya, H., Setiawan, I., Mussry, J., & Darwin, W. (2012). Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran Hermawan Kertajaya. Erlangga.
Suryana. (2001). Kewirausahaan. Salemba Empat.
Suryana, Y., & Bayu, K. (2015). Kewirausahaan Pendekatan Karkteristik Wirausahawan Sukses. Kencana.
Zimmerer, T. W., & Scarborough, N. M. (2009). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat.
Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada.
Sudarmadji, P. W., Dillak, R. Y., & Kadja, J. P. Z. R. (2018). PPPE Kerajinan Tangan (Handicraft) Berbahan Limbah Perca Kain Tenun Ikat. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 2(2), 17–26. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i2.289
Alma, B., & Priansa, D. J. (2009). Manajemen Bisnis Syariah. Alfabeta.