Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Fipper Ngagel Surabaya Metode CSI dan IPA

Bella Wati Novita Sari, Iriani Iriani

Abstract


Fipper adalah salah satu brand terkenal sandal di Indonesia. Namun seiring banyaknya cabang yang ada seringkali tidak memperhatikan kualitas pelayanan yang diduga berdampak pada kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen pada kualitas pelayanan yang dirasakan konsumen. Jenis penelitian Kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Kuesioner disebarkan sebanyak 100 kuisioner dan 97 responden sebagai sampel. SPSS 17 digunakan dalam pengujian validitas. Skala likert digunakan mengukur jawaban responden. Hasilnya Kategorisasi CSI atau Customer Satisfaction Index ada rentang presentase kepuasan yaitu 100% - 81% sangat puas, 80,99% - 66% puas, 65,99% - 51% cukup puas, 50,99% - 35% kurang puas, 35,99% - 0% tidak puas. Pada penelitian ini  data menghasilkan CSI 65,598% pada pelayanan Fipper Ngagel Surabaya yang artinya cukup puas tetapi perusahaan dapat memaksimalkan lagi agar menjadi sangat puas dengan mengecek elemen perusahaan yang berhubungan dengan pelayanan. Dalam analisis Importance Performance Analysis (IPA) untuk dijadikan patokan perbaikan system perusahaan maka dapat memperioritaskan hal ini yaitu  Atribut yang ada pada kuadran C. Atribut yang ada pada kuadran C adalah Menyediakan tempat duduk yang memadai, Penampilan staff Fipper Ngagel yang rapi dan berseragam , Fipper Ngagel mempunyai ketersediaan stock yang lengkap , Penataan display yang tertata rapi dan mudah dijangkau.


Keywords


Kepuasan Konsumen; Kualitas Pelayanan; Fipper

References


Amri, dkk. (2020). Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan

Layanan Manajemen. Haevah et al. Jurnal Sistem Cerdas (2020) Vol 03 - No 02

Fimela. (2021). Tak Hanya Soal Harga, 3 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Saat Memilih Sandal Jepit. https://www.fimela.com/fashion/read/4516932/tak-hanya-soal-harga-3-hal-ini-perlu-kamu-perhatikan-saat-memilih-sandal-jepit

Fimela. (2022). Pilihan Sandal Stylish Jadikan Kaki Happy Melangkah dengan Nyaman. https://www.fimela.com/fashion/read/5019334/pilihan-sandal-stylish-jadikan-kaki-happy-melangkah-dengan-nyaman.

Fipper.(2023).Ulasan Pelanggan Offline Store Fipper Surabaya Ngagel . https://www.google.com/search?q=filpper+surabaya+store+ngagel

Chandra, T., & Novia, D. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Optik “Jakarta” Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 125–139.

Gultom dkk. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Volume 3, Nomor 2

Hartanto, E. (2017). Metodologi Penelitian: Perbedaan skala likert lima skala dengan modifikasi skala likert empat skala. Academia.

Indrajaya, D. (2018). Analisis kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index pada UKM gallery. IKRAITH-Teknologi, 2(3), 1–6.

Indri dkk. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Productivity, Vol. 3 No. 1, 2022

e-ISSN. 2723-0112

Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 413–423.

KartikaH., Hertian RanovaM., & Setia BaktiC. (2022). Survei Kepuasan Pelanggan Untuk Peningkatan Kualitas Jasa Perawatan Mesin Atm Dengan Metode Csi Dan Ipa. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 12(2), 117-126. https://doi.org/10.36040/industri.v12i2.4096

Kurniawan, I. (2018). Optimalisasi Sistem Informasi Yang Menghimpun Kegiatan Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat. Puskan Lan Jakarta.

Laily, R. N. (2020). Brand Image dan Personal Branding Make Up Artist Kab. Kudus. IAIN KUDUS.

Lubis, S. N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Kopi pada UD Sian Huta di Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Mandailing Natal. Universitas Medan Area.

Jam.(2023). memilih sandal. https://www.fimela.com/fashion/read/4516932/tak-hanya-soal-harga-3-hal-ini-perlu-kamu-perhatikan-saat-memilih-sandal-jepit

Mabrur dkk (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika (Jbmi) – Vol 19 No. 2

Maming, J. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Orientasi layanan, Strategi Harga Dampaknya Terhadap Kepuasan dan Loyalitas pelanggan Jasa Telekomunikasi di Makassa. Universitas Hasanuddin.

Maqhfirah, dkk. (2023). Implementasi Metode Customer Satisfaction Index terhadap Kepuasan Pelanggan Pelayanan TelemarketingCall Center PT XYZ. Jurnal Serambi Engineering Vol 8 No 2.

Nugraha, N. B., Sellyana, A., & Karpen, K. (2021). Implementasi Metode Customer Satisfaction Index (Csi) Untuk Menganalisa Kepuasan Pelanggan Pada Family Swalayan. Jurnal Mahajana Informasi, 6(2), 91–96. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v6i2.2400

Purwanto, I & Sugiarto, D. (2022). Importance Performance Analysis dalam Pengukuran Kepuasan Pasien pada Puskesmas melalui KepPA. Jurnal Explore http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore/article/view/2541

Rahmandika, M. D., & Rohman, F. (2022). Pengalaman Pelanggan, Ulasan Pelanggan Secara Daring, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(1), 1–12.

Setiawan, dkk (2022). Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus UMKM Ahul Saleh). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT) Vol. 1, No. 4.

Sianipar, F. A. H., & Yoestini, Y. (2021). Analisis Pengaruh Customer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Online Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(6).

Syahputra, H., Ramadhanu, A., & Bayuputra, R. (2020). Penerapan Metode Importance Performance Analysis (Ipa) Untuk Mengukur Kualitas Sistem Informasi Ulangan Harian. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(4), 334–340.

Umam, R.K & Hariastuti, N.P. (2022). Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) . ITATS. http://ejurnal.itats.ac.id /sntekpan/article/view/366

Widodo, S.M & Sutopo, Y. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris Vol. 4, No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar