Analisis OCB dengan Keterlibatan Karyawan dan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Intervening pada PT Serasi Autoraya
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1396Keywords:
Employee Engagement, Emotional Intelligence, Kepemimpinan Transformasional Ki Hajar Dewantara, OCBAbstract
Kepemimpinan merupakan kemampuan dari seseorang yang identik dengan mengindentifikasi perubahan dan menginspirasi anggotanya untuk menciptakan pengembangan organisasi secara berkelanjutan. Berdasarkan konsep Jawa (Hasta Brata), Ki Hajar Dewantara mensarikan konsep trilogi kepemimpinan “Ing ngarsa sung tulodho, Ing madya mangun karso, Tut wuri handayaniâ€. PT Serasi Autoraya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa dengan menempatkan kepemimpinan sebagai salah satu nilai perusahaan, memiliki diversifikasi bisnis dan keberagaman program perusahaan yang mendorong karyawan untuk memiliki organizational citizenship behaviour yang selaras dengan adanya fenomena downsizing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional Ki Hajar Dewantara terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) dengan keterlibatan karyawan dan kecerdasan emosional sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan responden sebanyak 96 karyawan tetap melalui teknik perhitungan proporsional random sampling. Berdasarkan hasil pengujian melalui SmartPLS menunjukkan hasil bahwa kepemimpinan transformasional Ki Hajar Dewantara tidak mampu memberikan kontribusi terhadap organizational citizenship behavior. Kepemimpinan transformasional Ki Hajar Dewantara mampu memberikan kontribusi terhadap organizational citizenship behaviour melalui keterlibatan karyawan serta kepemimpinan transformasional Ki Hajar Dewantara mampu memberikan kontribusi terhadap organizational citizenship behaviour melalui kecerdasan emosional.
References
Alarifi, S. (2014). The Effects of Transformational Leadership on Followers’ Creativity and Innovation. Brunel University.
Baihaqi, I., & Saifudin. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan OCB Sebagai Variabel Intervening. JIMEBIS – Scientific Journal of Students Islamic Economics and Business, 2(1), 8–18.
Muliawaty, L. (2019). Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia di Era DIsrupsi. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 1. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1416
Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., & Priadi, A. (2021). Statistika Seri Dasar dengan SPSS. Media Sains Indonesia.
Sandhika, D., & Sobandi, A. (2018). Perilaku Kewargaan Organisasi (Organizational Citizenship Behavior) sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 174. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11787
Sari, T. Y., Pattipawae, D. A. W., & Kurniasih, D. A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Keterlibatan karyawan dan Dampaknya Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Studi pada Karyawan PT. Jakarta Cakratunggal Steel Mills). 2.
Schaufeli, W. B., Salanova, M., Roma, V. G., & Bakker, A. B. (2002). The Measurement of Engagement and Burnout: A Two Sample Confirmatory Factor Analytic Approach. Journal of Happiness Studies, 3, 71–92.
Sharma, K., & Mahajan, P. (2017). Relationship between Kecerdasan emosional and Organisational Citizenship Behaviour among Bank Employees. Pacific Business Review International, 9(11), 20–29.
Sugianingrat, I. A. P. W., Rini Widyawati, S., Alexandra de Jesus da Costa, C., Ximenes, M., Dos Reis Piedade, S., & Gede Sarmawa, W. (2019). The Keterlibatan karyawan and OCB as Mediating on Employee Performance. International Journal of Productivity and Performance Management, 68(2), 319–339. https://doi.org/10.1108/IJPPM-03-2018-0124
Susyanto, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Keterlibatan Karyawan dan Kepuasan Kerja Terhadap Kesiapan untuk Berubah dalam Menghadapi Perubahan Organisasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 21(1). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1287
Sutimin, L. A. (2022). Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 5(1), 160–168.