Peran Marketplace pada UMKM Kota Probolinggo Sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi

Wahyu Nofiyan Hadi, Ummi Latifah, Moh. Fadel

Abstract


Penyebaran internet merupakan hasil dari perkembangan infrastruktur teknologi informasi. Perkembangan ini telah menciptakan kerangka berpikir baru dalam menangani proses bisnis: Penggunaan infrastruktur TI dan Internet. Electronic commerce mengacu pada proses bisnis yang dijalankan dengan bantuan teknologi informasi dan internet. E-commerce adalah Perusahaan yang menggunakan ruang virtual sebagai tempat berbisnis. Beberapa perusahaan e-commerce ini juga memberikan ruang bagi para pelaku bisnis lain untuk memamerkan produk di situs e-commerce mereka. Ini menciptakan pasar virtual yang disebut Marketplace. Marketplaces, Solusi tersebut lahir dari pesatnya perkembangan teknologi informasi dan internet, telah mengguncang industri perdagangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran secara umum peran pasar bagi para pelaku UMKM di Kota Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memudahkan pelaku UMKM untuk menginformasikan dan berinteraksi langsung dengan konsumen, meningkatkan market share, meningkatkan awareness pelaku UKM dan meningkatkan penjualan.

Keywords


Marketplace, Teknologi Informasi, e-commerce, UMKM

References


I. Baihaqi dan M. Nurif, “Technopreneurship,” 2015. https://careers.its.ac.id/media/publikasi/Techno preneurship.pdf. [Diakses 3 10 2022].

A. Susanto, Sistem Informasi Akuntansi - Struktur Pengendalian Resiko Pengembangan, Bandung: Lingga Jaya, 2013.

J. Winardi, Manajemen Perubahan (The Management of Change), Jakarta: Prenada Media, 2005.

D. Strzębicki, “The Development of Electronic Commerce in Agribusiness – The Polish Example,” dalam Procedia Economics and Finance 23, Warszawa, 2015.

L. Alrubaiee, H. Alshaibi dan Y. Al-bayati, “Relationship between B2B E-Commerce Benefits, E-Market-Place Usage and Supply Chain Management,” Global Journal of Management and Business Research, vol. 12, no. 9, June 2012.

O. Y. Yuliana, “Penggunaan Teknologi Internet Dalam Bisnis,” Jurnal Akuntansi & Keuangan, vol. 2, no. 1, pp. 36-52, Mei 2000.

Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar