Rapor Orangtua sebagai Alat Evaluasi pada Model Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Anak Saleh

Authors

  • Asriana Kibtiyah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Ariga Bahrodin Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Ikhsan Gunadi SD Islam Anak Saleh Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1338

Keywords:

Raport Orangtua, Alat Evaluasi, Pendidikan Karakter

Abstract

Program penguatan pendidikan karakter (PPK) telah dicanangkan sebagai program nasional yang wajib diselenggarakan di seluruh satuan pendidikan yang melibatkan berbagai pihak termasuk orangtua atau keluarga. Penelitian yang dilakukan di Sekolah Anak Saleh ini merupakan sebuah pengembangan model PPK yang diwujudkan dalam bentuk Rapor Orangtua. Hal ini menjadi penting karena dengan Rapor tersebut akan menjadi alat evaluasi atas keterlibatan orang tua dalam PPK. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang melibatkan unsur guru, siswa dan orang tua sebagai responden penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Rapor Orangtua yang merekam aktivitas sekaligus alat evaluasi orangtua dalam rangka mendukung program PPK terbilang cukup efektif memberikan balikan guna menyempurnakan apa yang telah dilakukan orang tua.

References

Candrasari, I., Humaidi, M. N., & Arifin, S. (2023). Sekolah Ramah Anak dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam pada Jenjang Pendidikan Dasar. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 16(2), 59–77. https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6260

Chatib, M. (2015). Sekolahnya Manusia (Edisi Baru). Kaifa PT Mizan Pustaka.

Dominggus, D. (2022). Diskursus Pendidikan Agama sebagai Pendidikan Karakter. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 166–183. https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati

Gafur, A. (2015). Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Karakter dengan Teknik Pendampingan Guru pada Sekolah Menengah Pertama. [Disertasi]. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Gusti, T. A., & Arisona, R. D. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dengan Pendekatan Regulasi Diri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa SMP. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 24–30.

Hajaroh, M., Rukiyati, R., Purwastuti, L. A., & Saptono, B. (2020). The Implementation of Indonesia’s Child Friendly School Policy Based on Environment in The Coastal Tourist. GeoJournal of Tourism and Geosites, 31(3), 1010–1018. https://doi.org/10.30892/gtg.31312-535

Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688

Johnson, P. E. (2004). Bukan Cara Belajar Biasa (M. Valia, Trans.; Cet.1). PT Buana Ilmu Populer.

Mustamu, A. C., Hasim, N. H., & Khasanah, F. (2020). Pola Asuh Orangtua, Motivasi &Kedisiplinan dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Remaja Papua. Jurnal Keperawata Muhammadiyah Bengkulu, 8(1), 17–25. https://doi.org/10.36085/jkmb.v8i1.640

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial (JUPIIS), 10(1), 52–56. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

Pransiska, T. (2020). Model Pendidikan Multikultural di Panti Asuhan Mizan Amanah Yogyakarta: Prototip Pendidikan Ramah Anak. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), 70–83. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.596

Pratiwi, N. K. S. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83–91. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.908

Rahman, A. N. (2021). Manajemen Sekolah dalam Upaya Mempersiapkan Peserta Didik yang Berkarakter (Studi di Sekolah Dasar Anak Saleh Malang). Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 63–71. https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.724

Rohmah, S. M., Noor, T., & W, U. R. (2021). Paradigma Pendidikan Karakter Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Kitab BidÄyatul HidÄyah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 186–206. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.12917

Saadah, L., Setiyoko, D. T., & Mumpuni, A. (2020). Kajian tentang Pendidikan Karakter pada Sekolah Ramah Anak untuk Siswa Kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2). https://doi.org/10.30595/.v1i2.8506

Setkab RI, H. (2017). Inilah Materi Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter [Berita]. Setkab RI. http://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/

Siswanto, E. (2017). Cara JItu: Menciptakan Branding Sekolah Berbasis Karakter (Cet. II). CV Cipta Media Edukasi. www.mediaguru.id

Sokalova, I. V. (2008). Kepribadian Anak: Sehatlah Kepribadian Anak Anda (A. Q. Sholeh, Trans.). Kata Hati.

Sonhadji, A. (2014). Manusia, Teknologi dan Pendidikan. UM Press.

Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Esensi, Erlangga Group.

Stainback, W., & Stainback, S. (2004). Bagaimana Membantu Anak Anda Berhasil di Sekolah (Y. M. Setiyanta, Trans.; Cetakan ke-6). Penerbit Kanisius.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Cet ke-6). Bumi Aksara.

Wagianto, R., & Affan, M. S. (2022). Reviewing Hak-Hak Perempuan Dalam Reformasi Hukum Keluarga Islam Di Indonesia Dan Tunisia. In Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam (Vol. 8, Issue 2, pp. 81–102). Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong. https://doi.org/10.55210/assyariah.v8i2.825

Published

2023-11-22

Issue

Section

Education and Social Science