Peningkatan Hasil Belajar Sikap Spiritual Melalui Penerapan Model Pembelajaran PAIBP Berbasis Amalan Andalan pada Peserta Didik Kelas 6 di Sekolah Dasar Banyakan

Ismuningsih Mulyawati, Mohamad Joko Susilo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peseta didik pada aspek sikap spiritual melalui pelaksanaan model pembelajaran PAIBP berbasis amalan andalan. Desain penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas yang bertempat di SD Banyakan Kapanewon Piyungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dilihat dari aspek kognitif hasil tes untuk pemahaman tentang ibadah diperoleh nilai kategori B (Baik) pada ≥75% dari keseluruhan siswa yang menunjukkan tanda berhasil. Dari aspek afektif, dapat dilihat dari proses pelaksanaan amalan andalan ≥ 87,5 % (lebih dari ≥75%) peserta didik mampu menunjukkan sikap religiusitas atau spiritual baik di dalam maupun di luar kelas selama proses belajar mengajar berlangsung dalam hal ketaatan beribadah, sikap bersyukur, ketaatan berdoa, dan sikap toleransi. Hal tersebut terbukti dengan capaian nilai kategori B (Baik) mencapai skor 93,75% atau ≥75%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PAIBP berbasis amalan andalan dapat meningkatkan hasil belajar aspek sikap spiritual siswa kelas 6 SD Banyakan Piyungan.

Keywords


hasil belajar; model PAIBP; sikap spiritual

References


Bahasa, P. P. dan P. (1999). Kamus besar Bahasa Indonesia / Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (2nd ed.). Balai Pustaka.

Jalaluddin. (2022). Psikologi Agama. PT Raja Grafindo Persada.

Kemmis, S., & Mc. Taggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian hasil belajar peserta berdasarkan kurikulum 2013) suatu pendekatan praktis disertai dengan contoh ,. PT Raja Grafindo Persada.

Linawati, & S.W., H. (2020). Implementasi model pembelajaran SAVI terhadap motivasi, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa di mata kuliah sistem informasi akuntansi. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 232–240. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.457

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Qualitative data analysis (terjemahan). UI Press.

Nidawati. (2020). Penerapan peran dan fungsi guru dalam kegiatan pembelajaran. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 9(2), 136–153. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/9087/5174

Nugraha, F. S., & Wadin, D. (2019). Implementasi Kompetensi Sikap Spiritual Kurikulum 2013 Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jenjang Sekolah Menengah Atas (Sma). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 583–590. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4865

Setiawan, D. (2018). Pemberdayaan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SLB. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2), 177–181. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/viewFile/1820/1498

Subekti, P. (2017). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Brilliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 130–139. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.46




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar