Analisis Pengaruh Perubahan Sudut Penginjeksian Bahan Bakar Terhadap Kinerja Mesin Diesel Untuk Genset

Yuniarto Agus Winoko, Moh. Khoiru Zaen Nanang Junaidi

Abstract


Motor diesel termasuk salah satu jenis motor dengan pembakaran dalam, yang dipengaruhi oleh beberapa aspek oprasional untuk mendapatkan unjuk kerja maksimal. Pengaturan injeksi yang tepat, agar proses pembakaran menghasilkan hasil yang sempurna, dan daya motor yang dihasil lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar lebih optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan daya dan durasi konsumsi bahan bakar pada mesin diesel setelah dilakukannya perubahan variasi sudut penginjeksian. Metode eksperimen digunakan pada penelitian ini dengan menekankan subjek perubahan sudut nok/cam sebagai penggerak pompa injeksi (injection pump) pada sistem bahan bakar motor diesel. Variabel bebas berupa putaran mesin (rpm) dan variasi sudut penginjeksian, putaran mesin diatur pada kecepatan  (rpm) dan variasi sudut penginjeksian diatur pada variasi 65°, 55°, 45°,dan 35°. kondisi optimal pada kecepatan 1500 rpm, variasi sudut 65°, daya sebesar 1,84 Hp dengan durasi konsumsi bahan bakar 110 s untuk 50ml bahan bakar, dan pada kondisi kecepatan 1500 rpm dengan variasi sudut 35° dengan daya sebesar 1,66 Hp dan durasi konsumsi bahan bakar 95s untuk 50ml bahan bakar sebagai data terendah.

Keywords


Perubahan sudut, Tenaga, RPM, Perubahan sudut.

References


Julia, L., Martias, M., & Basri, I. Y. (2014). PENGARUH PERUBAHAN SAAT PENGINJEKSIAN TERHADAP

KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL. Automotive Engineering Education Journals, 2(2).

Prabowo, N. R., & Yuliono, N. (2014). Studi Eksperimental Pengaruh Timing Injection terhadap Unjuk Kerja Motor Diesel 1 Silinder Putaran Konstan dengan Bahan Bakar Bio Solar.

iWdagdo, E. (2013). Optimisasi Pola Pembebanan Daya Mesin Pembangkit Listrik Diesel SWD 16 TM 410 Terhadap Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar. ELKHA: Jurnal Teknik Elektro, 5(2).

Arismunandar, Wiranto. (1983). Penggerak mula motor bakar torak. Bandung: ITB Bandung.. pp. 39

Gunawan, Susanto. (2009). Pengujian performa motor diesel berbahan bakar biosolar melalui perubahan timing injeksi bahan bakarSripsi. Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Heywood, J.B. (1988). Internal Combustion Engine Fundamentals. McGraw-Hill Publishing Company. New York. pp. 42-59

Nakoela Soenarta dan Shoichi Furuhama. (1995). Motor Serba Guna, Jakart

:Penerbit PT Pradnya Paramita.

Sungkono, D dkk. (2008). Pengaruh pengaturan derajat waktu injeksi terhadap unjuk kerja dan emisi motor diesel berbahan bahar biodiesel, Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 7 No.2, pp. 76-86.

Wahyudi. (2008). Pengaruh Saat Injeksi dan Pilot Fuel Quantity Tewrhadap Performa dan Emisi Gas Buang Mesin Diesel Berbahan Bakar LPG dan Minyak Solar. Tesis. Jurusan Teknik Mesin dan IndustriProgram Pasca Sarjana. UGM Yogyakarta. pp. 12




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar