Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Swot pada Air Mineral dalam Kemasan Bariklana Al-Amien Sumenep

Fitria Dwi Putri Syafety, Didi Samanhudi

Abstract


Pemasaran merupakan kegiatan yang penting dalam pergerakan perusahaan, karena hal ini akan berdampak pada pendapatan. AMDK Bariklana yang diproduksi oleh Kopontren Al-Amien Sumenep memiliki permasalahan di mana jumlah stok yang mengendap di gudang. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan metode SWOT pada AMDK Bariklana Kopontren Al-Amien Sumenep. Untuk tiap-tiap variabel pada faktor internal dan faktor eksternal AMDK Barikalana memiliki nilai 1,6126 untuk kekuatan, 1,7700 untuk kelemahan, 1,6876 untuk peluang, dan 1,6376 untuk ancaman. Dengan ketentuan sumbu X sebagai faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan sumbu Y sebagai faktor eksternal (peluang dan ancaman), sehingga diketahui posisi AMDK Bariklana berada di kuadran III. Hal ini berarti strategi alternatif yang paling relevan untuk digunakan yaitu strategi alternatif W-O.

Keywords


Strategi pemasaran; SWOT; AMDK

References


Assauri, S. (2013). “Manajemen Pemasaran”. Jakarta: Rajawali Pers.

David, F. R. (2009). “Manajemen Strategis Konsep”. 12th Ed. Jakarta: Salemba Empat.

Hidayah, Duwi Nur. (2019). “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Depot Air Mineral Zadova Jorong Lambah Tangah Kecamatan Ampek Angkek”. Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi.

Iqtimal, Z., Sara, I. D., & Syahrizal, S. (2018). Aplikasi sistem tenaga surya sebagai sumber tenaga listrik pompa air. Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 3(1).

Kluyfer, C. A., dan Pearce, J.A. (2006). “Strategy: A view from the top (3th Ed)”. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, P. (2009). “Manajemen Pemasaran”. Jakarta: Erlangga.

Krisnawati, D. (2016). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian AMDK merek aqua (Studi pada masyarakat di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1).

Nasrullah, H. T. (2019). “Analisis efektivitas strategi pemasaran dalam meningkatkan persentase margin Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) “Al Azhar Water” pada Koperasi Pondok Pesantren Modern Al Azhar Gresik”. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nur, S. A. (2021). Strategi Pemasaran Perusahaan Air Minum Kemasan PT. Karunia Tirtamas Abadi Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Bulanan Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Skripisi. Universitas Universitas Muhammadiyah Makassar.

Pratama, R. (2019). Strategi Pemasaran Depot Air Minum Isi Ulang Alhamra Dalam Meningkatkan Penjualan Di Nagari Limo Kaum Batusangkar.

Rahman, E., Wahyudi, T., & Uslianti, S. (2020). “Strategi Pemasaran Produk Amdk Merek For3 pada Konsumen di Kalimantan Barat Menggunakan Analisis SWOT”. Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, 4(2).

Rangkuti, F. (2001). “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ratih, K., Sofilda, E., & Hariyanti, D. (2018, October). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ASURANSI TRAVEL PT ASURANSI AXA INDONESIA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN (pp. 1069-1075).

Syahid, N. A., & Suwarni, S. (2018). “Analisis Swot sebagai Dasar Strategi Pemasaran pada Produk Airum (Air Minum UM)”. Ekonomi Bisnis Universitas Negeri Malang, 23(1), 21-28.

Wheelen, T. Dan Hunger, D. L. (2010). “Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan”. Jakarta: Prehallindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar