Efektivitas Media Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Siswa Tunagrahita Ringan
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.110Keywords:
huruf bergambar, menulis permulaan, tunagrahita ringanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang sebelum diberikannya perlakuan, (2) untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang sesudah penggunaan media huruf bergambar, (3) untuk mengetahui efektivitas media huruf bergambar terhadap kemampuan emnulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain One Group Times Series Desain. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh media huruf bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang.References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Chori, R. G. P., Sopandi, A. A., & Azwandi, Y. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Magic Whiteboard Bagi Anak Tunagrahita Sedang. E-JUPEKhu, (Online), 2(3), (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/2109), diakses pada tanggal 14 juni 2017.
Jamaris, M. 2009. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asessment dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.
Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbitan Gunung Samudra.
Mercer, C. D. & Mercer, A.R. 1989. Teaching Students with Learning Problems. Ohio:Merril Publising Company. Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketanagaan Perguruan Tinggi.
Pranata, S. A. 2011. Pengaruh Abjad 8 (ALPHABET 8S) dalam Mengatasi Kesulitan Menulis (Dysgraphia) dan Membaca (Dyslexia) Anak Tunagrahita Ringan. Doctoral diseertation, Universitas Sebelas Maret. (online), (http://eprints.uns.ac.id/5423/1/212351411201111341.pdf), diakses 26 April 2017
Putri, N. L. 2013. Kesulitan Menulis Permulaan pada Anak Usia Dini dengan Kelainan Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), (online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/3760), diakses 26 April 2017
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




