Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kebijakan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v8i1.1087Keywords:
Kepemimpinan, Kebijakan, pedagogikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh gaya dan kebijakan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kapasitas guru di Kelompok III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Penelitian dilakukan di kota Makassar, di provinsi Makassar. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Penulis menggunakan strategi purposive sampling untuk menemukan sumber informasi, dengan fokus pada orang-orang dan organisasi yang tampaknya memiliki wawasan tentang masalah yang sedang diselidiki. Oleh karena itu, sumber-sumber untuk penelitian ini adalah UPT SPF SDN Pampang dan UPT SPF SDI Pampang II. Sasaran penelitian ini adalah para guru di wilayah studi yang terbagi menjadi dua sekolah. Guru di UPT SPF SDN Pampang dan UPT SPF SDI Pampang II disingkat G1, G2, G3, dan seterusnya, sedangkan kepala sekolah disingkat KS1 dan KS2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas guru di Kelompok III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kebijakan yang diterapkan kepala sekolah. Kepala sekolah berusaha untuk mendorong pengembangan profesional dan advokat melakukan segala upaya untuk meningkatkan pedagogi guru. Kepala sekolah dan guru senang menerima masukan dan kritik dari guru, kepala sekolah mengutamakan kerjasama dalam tujuan organisasi, kepala sekolah memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada guru dalam melaksanakan tugas pelayanannya, kepala sekolah berusaha sebaik mungkin untuk menciptakan peluang pengembangan bagi guru.
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Danim, S. K. (2011). Profesi Kependidikan Bandung. Alfabeta.
Farisi, M. M. (2015). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kebijakan Guru. Jurnal Edukasi, Volume 7.
Hamdan, Chaniago, F., & Takriyanti, R. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1).
Harlie, M. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Pemerintah Kabupaten Tabalog di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10 No. 4 D, 860–867.
Hartatik, S., Suaedi, S., & Nurdin, N. (2019). Korelasi Supervisi Akademik Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Matematika Guru Sd Di Kecamatan Sukamaju Selatan. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 10–22. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1438
Herlina. (2010). Minat Belajar. Bumi Aksara.
Hikmat, M. M. (2011). Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Graha Ilmu.
Khasanah, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam. Manajemen Pendidikan Islam. CV. Jakad Publishing Surabaya.
Kodariah, W. (2016). Gaya kepemimpinanKepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru Dan Komptensi pedagogik Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.XXIII(No.2).
Kunandar. (n.d.). Guru Profesional dan Sertifikasi Implementasi KTSP. Gaung Persada.
Mangkunegara, A. A. P. (2014). Evaluasi Komptensi pedagogik Sumber Daya Manusia. Refika Aditama.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya.
Nursyifa, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p143-154
Pasolong, H. (2011). Teori Administrasi Publik. Alfabeta.
Poernomo, A, S., Hanim, Z., Komariyah, L., Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Timur, L., & Mulawarman Kalimantan Timur, U. (2022). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru SMA Negeri di Kota Samarinda. Attractive: Innovative Education Journal, 4(3). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Purwanto, N, G. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yanti, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru. Journa ofl Islamic Education Management , 6(1), 9–24. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola