Penyusunan Leaflet Variasi Morfologi Durian sebagai Sumber Belajar Biologi SMA berdasarkan Hasil Studi Variasi Karakter Morfologi Buah Durian (Durio zibethinus Murr.) di Dusun Dirun Kabupaten Banjarnegara
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1081Keywords:
durian, leaflet, morfologi, sumber belajarAbstract
Salah satu objek atau gejala yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar adalah potensi daerah. Dusun Dirun memiliki potensi berupa keanekaragaman durian yang sudah terkenal secara nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi hasil studi variasi morfologi durian di Dusun Dirun sebagai sumber belajar biologi kelas X SMA pada materi keanekaragaman hayati, serta untuk mengetahui kualitas leaflet yang disusun berdasarkan hasil kajian tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang meliputi dua langkah pokok, yaitu analisis potensi dan pengukuran kualitas leaflet. Hasil analisis potensi menunjukkan bahwa hasil studi variasi morfologi durian di Dusun Dirun berpotensi sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X, materi keanekaragaman hayati. Berdasarkan hasil penilaian, leaflet yang disusun termasuk ke dalam kategori “sangat baik†menurut ahli materi maupun ahli media. Rata-rata nilai yang diperoleh dari ahli materi adalah sebesar 85,31%, sedangkan dari ahli media sebesar 83,85%References
Abdullah, R. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449.
Ambarwati, Khoirotul, A., Kurniawati, F., Diah, T., & Darojah, S. 2014. Media Leaflet, Video dan Pengetahuan Siswa Sd Tentang Bahaya Merokok (Studi Pada Siswa Sdn 78 Sabrang Lor Mojosongo Surakarta). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 7–13. https://doi.org/10.1142/S0218348X98000419.
Badriyah, L. 2010. Pengaruh Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Bakti Mulya 400 Pondok Pinang Jakarta Selatan. UIN Syarif Hidyatullah Jakarta.
Hidayah, H. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Learning Community Melalui Brosur pada Kelas X Sunan Muria Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Universitas Negeri Semarang.
Ibda, F. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38.
Jailani, M. S., & Hamid, A. 2016. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar Optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam PAI). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2), 175-192.
Kurniawan, A. 2014. Pengembangan Brosur sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VII dengan Materi Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta.
Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT Remaja Rosdakarya.
Maryanti, Zafri, & Ofianto. 2019. The Development of Leaflet for Local History Teaching Materials. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 1–8. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27859.
Meldasari, Daningsih, E., & Titin. 2018. Kelayakan Leaflet materi Keanekaragaman Hayati dari Buah Dadamuk, Kariampuk dan Menjalin di Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(11), 1–9. file:///C:/Users/Toshiba/Downloads/29773-75676592040-1-PB.pdf.
Munajah, & Susilo, M. J. 2015. Potensi sumber belajar biologi SMA kelas X materi keanekaragaman tumbuhan tingkat tinggi di kebun binatang gembira loka. Jupemasi-Pbio, 1(2), 184–187.
Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar (Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah). Prenadamedia Group.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Priatna, Y. 2014. Kemelekan Informasi Masyarakat terhadap Potensi daerah. In Universitas Airlangga. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625.
Ratnasari, I. 2020. Analisis Potensi Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Materi Animalia berdasarkan Hasil Penelitian Identifikasi Jenis Gastropoda di Pantai Ngrumput Tepus Gunungkidul. Universitas Ahmad Dahlan.
Sari, E. P., Basri, S., & Kasmawati. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Leaflet Terhadap Hasil Belajar Biologi. Binomial, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.835.
Setiyadi, M. W., Ismail, & Gani, H. A. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102–112. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468.
Suhardi. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Biologi. UNY Press
Sulistiyani, T. 2022. Pengelolaan Sumber Belajar oleh Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 1(maret), 40–52.
Suriasumantri, & Jujun, S. 2003. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.
Susilo, M. J. 2018. Analisis potensi lingkungan sekitar sebagai sumber belajar biologi yang berdayaguna. Procending Biology Education Conference, 15(1), 541–546.
Tanjung, I. F. 2016. Guru dan Strategi Inkuiri dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 64–82.
Warso, A. W. 2013. Proses Pembelajaran dan Penilaian di Satuan Pendidikan. CV Sahabat.
Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar