Pengetahuan Covid-19 dan Vaksinasinya pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) di Distrik Wanggar dan Distrik Yaro Kabupaten Nabire

Purwanti Pratiwi Purbosari, Lailatul Essra Damayanti

Abstract


Distrik Wanggar dan Distrik Yaro merupakan salah satu distrik yang berada di Kabupaten Nabire. Terkait terjadinya kasus pertama Covid-19 di Kabupaten Nabire, Distrik Wanggar merupakan distrik yang masuk kategori awal. Sementara itu, Distrik Yaro merupakan distrik yang masuk kategori akhir. Perbedaan waktu terdapatnya kasus pertama Covid-19 di kedua distrik ini dimungkinkan dapat mempengaruhi pengetahuan siswa tentang Covid-19 dan vaksinasinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan pengetahuan terkait Covid-19 dan vaksinasinya pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas pada Distrik Wanggar dan Distrik Yaro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dan uji Oneway-ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dari Distrik Wanggar (48,39%)  memiliki pengetahuan yang tinggi terkait Covid-19 dan vaksinasinya. Sementara itu, sebagian besar siswa di Distrik Yaro (61,29%) memiliki pengetahuan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis Oneway-ANOVA diketahui bahwa pengetahuan Covid- 19 dan vaksinasinya pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas di Distrik Wanggar dan Distrik Yaro  terdapat perbedaan yang signifikan.

Keywords


covid-19, nabire, pengetahuan, siswa, vaksinasi

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Baloran, E. T. 2020. Knowledge, Attitudes, Anxiety, and Coping Strategies of Students during COVID-19 Pandemic. Journal of Loss and Trauma, 25(8), 635–642. https://doi.org/10.1080/15325024.2020.1769300.

Badan Pusat Statistik. 2021. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Papua. (https://papua.bps.go.id/pressrelease/2021/12/01/584/indeks-pembangunan-manusia--ipm--provinsi-papua-tahun-2021.html)

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094.

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Dwiputra, K. O. 2021. Analisis resepsi khalayak terhadap pemberitaan Covid-19 di klikdokter.com. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 26–37. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3290.

Dzakwan, M. H. A. 2020. Memetakan Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Menangani COVID-19. In CSIS Commentaries (Vol. 27, Issue April).

Fauzi, A., Husamah, H., Miharja, F. J., Fatmawati, D., Permana, T. I., & Hudha, A. M. 2020. Exploring Covid-19 Literacy Level among Biology Teacher Candidates. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–12. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8270.

Hafizzanovian, Oktariana, D., Apriansyah, M. A., & Yuniza. 2021. Peluang Terjadinya Immunization Stress-Related Response (Isrr) Selama Program Vaksinasi Covid-19. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 8(3), 211–222. https://doi.org/10.32539/jkk.v8i3.13807.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. (https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/.

Isbaniah, F., & Susanto, A. D. 2020. Pneumonia Corona Virus Infection Disease-19 (CovidD-19). Journal Of The Indonesian Medical Association, 70(4), 87–94. https://doi.org/10.47830/jinma-vol.70.4-2020-235.

Lahariya, C. 2016. Vaccine epidemiology: A review. Journal of Family Medicine and Primary Care, 5(1), 7. https://doi.org/10.4103/2249-4863.184616

Le, T. T., Andreadakis, Z., Kumar, A., Román, R. G., Tollefsen, S., Saville, M., & Mayhew, S. 2020. The Covid-19 Vaccine Development Landscape. Nature Reviews. Drug Discovery, 19(5), 305–306. https://doi.org/10.1038/d41573-020-00073-5.

Li, J., & Zhan, L. 2011. Online persuasion: How the Written Word Drives WOM (Evidence From Consumer-Generated Product Reviews). Journal of Advertising Research, 51(1), 239–257. https://doi.org/10.2501/JAR-51-1- 239-257

Muhammad, S. N., Listiani, & Adhani, A. 2018. Hubungan antara Literasi Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa pada Materi Ekosistem. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 112. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.2935.

Mustafa. 2021. Dampak Covid-19 Pada Industri Siaran Televisi Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 192–210. https://doi.org/10.31604/jim.v5i1.2021.192-210.

Prakoeswa, S. F. R. 2020. Dasamuka Covid-19. Medica Hospitalia : Journal of Clinical Medicine, 7(1A), 231–240. https://doi.org/10.36408/mhjcm.v7i1a.457

Puspitasari, A., & Achadi, A. 2021. Pendekatan Health Belief Model untuk Menganalisis Penerimaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(8), 3709–3721.

Putri, N. A., Putra, A. E., & Mariko, R. 2021. Hubungan Usia, Jenis Kelamin Dan Gejala dengan Kejadian Covid-19 di Sumatera Barat. Majalah Kedokteran Andalas, 44(2), 104–111.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020.

Susanti, S. W., & Purbosari, P. P. 2022. Literacy and Attitude toward Covid-19 and Its Vaccination among 8th-Grade Students in Sub-Districts of Gunungkidul with Different Time of Occurrence of The First Case. JPPIPA Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1635–1643. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1716.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, Presiden Republik Indonesia 2014.

United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) Indonesia. 2020. Covid-19: Laporan baru UNICEF mengungkap setidaknya sepertiga anak sekolah di seluruh dunia tidak dapat mengakses pembelajaran jarak jauh selama sekolah ditutup. (https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/covid-19-laporan-baru-unicef-mengungkap-setidaknya-sepertiga-anak-sekolah-di-seluruh).

World Health Organization (WHO). 2013. Causality Assessment of an Adverse Event Following Immunization (AEFI). (http://www.who.int/vaccine_safety/publi cations/aevi_manual.pdf)




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar