Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI yang Belum Tersetifikasi Di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar

Anindhita Chumaida

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogig, kepribadian, sosial, dan professional guru PAI yang belum tersertifikasi di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa Upaya sekolah adalah workshop, seminar, diklat, MGMP, supervisi konvensional, evaluasi kerja, IHT (In House Training). Pembinaan melalui kegiatan rapat dan supervisi, pembinaan dengan memberikan keteladanan. pertemuan wali murid sebagai upaya meningkatkan kemampuan berkomunikasi guru dengan orang tua siswa, rapat guru sebagai upaya meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan teman sejawat.

Keywords


Upaya sekolah, komptensi guru, pai

References


Adz-Zakiey, HB. 2008. Psikologi Kenabian: Prophetic Psychology. Yogyakarta: Al-Manar.

Arikunto, P. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: Edisi Revisi V. Jakarrta Rineka Cipta.

Basri, H. 2012. Kapita Selekta Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.

Danim, S. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi guru. Bandung.

Hastuti, ADP. 2008. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits di MAN Sabdodadi Bantul. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Huda, MN. 2013. Komunikasi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Tulungagung : STAIN Tulungagung Press.

Kunandar. 2009. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Lestari, DT. 2017. MGMP Sebagai Upaya Meningkatkan Keprofesionalan Guru IPA SMP Kota Pekanbaru dalam http://lpmpriau.go.id/?p=213, diakses 15 Januari 2017

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. SAGE Publication Asia-Pacific Pte. Ltd. Singapore.

Mufidah, LLN. 2009. Supervisi pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Mulyasa, E. 2008. Standart Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musbakin, Imam. 2013. Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Purwanto, MN. 1984. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara.

Ramayulis. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sahertian, P. 2000. Konsep dasar dan teknik Supervisi Pendidikan Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta 2000.

Salim & Kurniawan. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Uno, HB. & Lamatenggo, N. 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahyosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Zuriah, N. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Teori – Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar