Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran pada Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.106Keywords:
kooperatif, question student have (QSH), hasil belajarAbstract
Pelajaran matematika di kelas IV dari 30 siswa yang telah mengalami belajar tuntas baru 14 siswa (46,7%) sementara 16 siswa (53,3%) mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) atau belum memenuhi belajar tuntas dengan nilai rata-rata 59,1. Padahal KKM yang telah ditentukan pada pelajaran matematika adalah 70. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu alternatifnya adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have (QSH) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian pada kelas IV SDN Sukorejo 1 Kota Blitar.References
Arikunto, Suharsimi. 1996. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SMP. Jakarta: BNSP Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Dimyati dan Mudjiono. 2002 Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djumarah, Syiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Muslihuddin. 2008. Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah. Bandung: LPMP Jawa Barat.
Nasution. 2004. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nunik, Avianti Agus. 2007. Mudah Belajar Matematika Untuk Kelas IX SMP/MTs. BSE Pusat Perbukuan Depniknas.
Omar, Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Slameto. 2010. Cooperatif Learning: Teori. Riset. dan Praktik. Bandung: Nusa Media.




