Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Blibli

Hertika Rahmawati, Supriyono Supriyono, Zumrotul Fitriyah

Abstract


Penelitian berikut bertujuan untuk meneliti apakah ada pengaruh dari brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di e-commerce Blibli. Populasi dalam riset ini yaitu pembeli yang telah berbelanja di e-commerce Blibli pada followers Instagram Blibli. Jumlah sampel yang dipakai sebanyak 88 responden, yang diperoleh dari 5 – 10 dikali seluruh indikator. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan memakai metode non-probability sampling lalu memakai teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner yang telah disusun berdasar indikator-indikator dari masing-masing variabel yang kemudian dianalisis dengan cara Partial Least Square (PLS). Hasil dari riset ini memperlihatkan bahwa, variabel Brand Ambassador (X1) tidak terdapat adanya pengaruh terhadap variabel Keputusan pembelian (Y), tetapi variable Brand Ambassador (X1) terdapat adanya pengaruh terhadap variabel Brand Image (X2). Begitu juga dengan variable Brand Image (X2) tedapat adanya pengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).


Keywords


Brand Ambassador; Brand Image; Keputusan Pembelian

References


Al Humaira, I. A. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Siswa Sebagai Konsumen di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru.

Arianty, N., Jasin, H., & Nasution, P. L. (2019). Manajemen Pemasaran Konsep dan Praktek. Medan: Perdana Publishing.

Burhan, F. A. (2021, Juni 4). Nilai Transaksi E-commerce RI Melonjak 91%, Shoppe Kuasai Pasar. Diambil kembali dari katadata.co.id: https://katadata.co.id/yuliawati/digital/60ba67ba89507/nilai-transaksi-e-commerce-ri-melonjak-91-shopee-kuasai-pasar

Fauzana, S., & Budiman. (2020). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sunsilk.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principle of Marketing Edisi 15. Ebook: Pearson.

Lestari, H., Sunarti, & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Konsumen Innisfree di Indonesia dan China). Jurna Administrasi Bisnis Vol. 66 No. 1.

Lidwina, A. (2020, May 18). Apa Layanan Digital yang Sering Digunakan selama Covid-19? Diambil kembali dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/18/apa-layanan-digital-yang-sering-digunakan-selama-covid-19

Perdana, R. K., & Wardhani, N. K. (2021). Ketertarikan Konsumen Terhadap Lee Min Ho Sebagai Brand Ambassador dan Citra Merek Lazada Terhadap Keputusan Pembelian. Maker: Jurnal Manajemen.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Kinerja Vol. 14 (I).

Rozalia, & Rinuastuti, H. (2020). Ketertarikan Konsumen Pada Brand Ambassador dan Citra Merek Pada Keputusan Pembelian. Jurnal DIstribusi Vol. 8 No.2.

Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Teleshindo Shop sebagai Distributor Utama Telkomsel di Manado. Jurnal EMBA Vol. 7 No.4 Juli , 3141.

Sukmawati, S. P., Soegiono, P., & Fitriyah, Z. (2022). Efek Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap di Surabaya Timur. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.

Supriadi, C. (2021, Februari 4). Park Seo Jun, International Brand Ambassador Blibli. Diambil kembali dari marketing.co.id: https://www.marketing.co.id/park-seo-jun-international-brand-ambassador-blibli/

Yolanda, R., & Soesanto, H. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi FEB Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Management, 834-845.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar