Pengembangan Big Book dengan Model TPACK dalam meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis Anak SD

Muhammad Zainuddin, Ahmad Saifudin, Lestariningsih Lestariningsih, Umi Nahdiyah

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SDI Wildan Mukholadun bahwa ada siswa dalam pembelajaran literasi dalam mengembangkan paragraph sederhana masih merasa sulit, selain itu dalam mengembangkan literasi seperti halnya mengarang dalam pelajaran tematik nilai siswa juga masih belum maksimal. Rumusan masalah di penelitian ini adalah: Apakah pengembangan big book dengan model TPACK dalam meningkatkan kemampuan literasi menulis anak SD di SDI Wildan Mukholadun? Penelitian ini bertujuan yaitu memberikan solusi bagaimana memecahkan masalah yang terjadi dengan cara mengembangkan big book dengan model TPACK anak SD di SDI Wildan Mukholadun Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, yang sesuai dengan kondisi saat ini. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model Borg and Gall dengan tahapan yang terdiri dari: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2 perencanaan, (3) pengembangan formulir pendahuluan, (4) pengujian pendahuluan, (5) utama revisi produk, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk operasional, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, (10) mendesiminasikan produk. Subjek uji lapangan pendahuluan adalah kelas 4, 5 dan 6 dengan menggunakan metode random sampling. Data penelitian diperoleh melalui teknik interview yang dilakukan setelah proses observasi pembelajaran kelas selama kurun waktu 3 bulan pembelajaran kelas. Melakukan wawancara untuk proses mengumpulkan data, validasi produk, observasi serta angket. Hasil penelitian ini menghasilkan produk pengembangan big book dengan model TPACK yang sudah teruji dan divalidasi oleh 3 ahli bidang yaitu: 1) Reditya Wempi Ansori, M.Pd ahli instrumen, 2) Abd. Charis Fauzan, M.Kom, ahli media, dan 3) Indah Yulianti, S.Pd, ahli materi. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa pengembangan big book dengan model TPACK untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa SD diperoleh tingkat kevalidan sangat baik dengan score 97%.


Keywords


big book; modet TPACK; literasi

References


Bacaan, M., Siswa, C., Dasar, S., Wandini, R. R., Anas, N., Sukma, E., Damanik, D., Albar, M., & Sinaga, M. R. (2020). Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 108–124.

Fajero, T., Festiawan, R., Anggraeni, D., Ngadiman, & Budi, D. R. (2021). Analisis technological pedagogical content knowledge (tpack) dalam implementasi metode pembelajaran daring pada era covid-19 di sma negeri se-kota Tegal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 342–353. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1136

Hadi Astuti, N., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17386

Hasan, S. N. (2015). Konsep Dasar Matematika Untuk PGSD. Aura Publishing.

Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, E. (2019). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SOSHUM Setingkat SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 291–298.

Malik, M., Firdaus, A., & Tidar, U. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge ( TPACK ): T he Students ’ Perspective on Writing Class. 3(2), 190–199.

Normaliza, A.R & Nik, I. H. (2010). Student’s perception towards the usage of the big book. Gading Business and Mangement Journal Vol.14., 14.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65.

https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017b). Metode Research & Development. Penerbit Alfabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar