Efektivitas Museum Virtual Tur Benteng Vredeburg terhadap Hasil Belajar IPS dan Persepsi Penggunaannya

Diah Ayu Muti'ah, Ketut Prasetyo, Sukma Perdana Prasetya, Nasution Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas Museum Virtual Tur Benteng Vredeburg dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dilihat dari (1) pengaruh penggunaan museum virtual tur terhadap hasil belajar IPS (2) melihat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Selain itu penelitian ini juga ingin (3) mengkaji bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan media tersebut dalam pembelajaran.Dalam penelitian pendekatan kuantitatif ini menggunakan pretest-posttest control group design. Untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan museum virtual menggunakan normalized gain (N-Gain). Signifikansi pengaruh dilihat dari hasil analisis menggunakan uji Mann-Whitney diperkuat dengan nilai d-effect size. Sedangkan untuk persepsi siswa menggunakan skala linkert dimana instrumen untuk persepsi divalidasi menggunakan uji EFA. Hasil uji Mann Whitney diketahui bahwa nilai asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05 dengan demikian terdapat pengaruh musum virtual tur Vredeburg terhadap hasil belajar IPS. Hasil analisis penelitian dilihat dari nilai n-gain menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas ekperimen yakni 0,49 kategori medium atas sedangkan kelas kontrol yakni 0,25 dalam kategori medium bawah dan diproleh nilai d-effect size sebesar d=1,04. Dengan kata lain dapat H1 diterima sehingga dapat diartikan bahwa penggunaan Museum Virtual Tur Benteng Vredeburg efektif karena memiliki pengaruh dan dampak yang tinggi dalam meningkatkan hasil belajar IPS.


References


Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah di Era Digital. PROCEEDING UMSURABAYA, 0, Article 0. http://103.114.35.30/index.php/Pro/article/view/4813

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alexandri, E., & Tzanavara, A. (2014). New technologies in the service of museum education. 12, 317–319.

Amirullah, A. (2017). Pentingnya Sejarah Dalam Pembinaan Karakter Bangsa dan Pembangunan Nasional. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2(0), 141–148. https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2738

Bhatti, N. B., Siyal, A. A., Qureshi, A. L., & Bhatti, I. A. (2019). Socio-Economic Impact Assessment of Small Dams Based on T-Paired Sample Test Using SPSS Software. Civil Engineering Journal, 5(1), 153. https://doi.org/10.28991/cej-2019-03091233

Basitere, M., & Ivala, E. N. (2017). An Evaluation of the Effectiveness of the use of Multimedia and Wiley Plus Web‑Based Homework System in Enhancing Learning in The Chemical Engineering Extended Curriculum Program Physics Course. Electronic Journal of E-Learning, 15(2), pp156‑173-pp156‑173. https://academic-publishing.org/index.php/ejel/article/view/1829

Brata, S. S. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar dan Reseliensi Matematis TerhadapKemampuan Pemahaman. Numeracy, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.309

Cigdem, H., & Oncu, S. (2015). E-Assessment Adaptation at a Military Vocational College: Student Perceptions. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 971–988. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1368a

Choy, S. C., Goh, P. S. C., & Sedhu, D. S. (2016). How and Why Students Learn: Development and Validation of the Learner Awareness Levels Questionnaire for Higher Education Students. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 28(1), 94–101. https://eric.ed.gov/?id=EJ1106321

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research methods in education

(6th ed). Routledge.

Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, 39(1), Article 1. https://doi.org/10.4314/saje.v39i1

Wijayati, E. C., Degeng, I. N. S., & Sumarmi, S. (2016). Kesulitan-kesulitan Dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2241–2247. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8132

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Williams, R. T., & Scott, C. D. (2019). The Current State of Outdoor Learning in a U.K Secondary Setting: Exploring the Benefits, Drawbacks and Recommendations. ABC Journal of Advanced Research, 8(2), 109–122. https://doi.org/10.18034/abcjar.v8i2.537

Yusuf, T., & Anwar, S. (1997). Metodologi pengajaran agama dan bahasa Arab. Rajagrafindo Persada.

Yuwono, S. D. (2020). Profil Kondisi Stres di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Dasar Intervensi Dalam Praktek Mikrokonseling. 5, 7

Zaini, R. (2014). Studi Atas Pemikiran B.F. Skinner Tentang Belajar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 118–129. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i1.1309




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar