Pengaruh Metode Pembelajaran Karya Wisata Virtual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP

Mohammad Naufal Zabidi, Ketut Prasetyo, Nugroho Hari, Nasution Nasution

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh hasil belajar metode pembelajaran karya wisata virtual dan metode pembelajaran ceramah terhadap kemampuan berpikir kritis. Selain itu untuk membedakan hasil belajar metode pembelajaran karya wisata virtual dan metode pembelajaran ceramah terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian.eksperimen. Tipe studi eksperimen yang dipakai ialah non equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VIII di SMP Darul Ulum Waru berjumlah 115 orang. Pada hasil uji analisis data menyajikan hasil nilai keterampilan berpikir kritis melalui metode pembelajaran karya wisata virtual dengan Uji Independent Sample T-Test pada variabel keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai  bernilai positif yang disebabkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai kelas kontrol. Adapun nilai  yaitu sebesar 4,701, sedangkan nilai dengan df. 56 sebesar 0,259. Berkaitan dengan data tersebut, variabel keterampilan berpikir kritis memiliki nilai  4,701 > 0,259 dan hasil sig. 2 tailed dengan nilai 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dinyatakan diterima karena nilai lebih besar dari  dan nilai sig. 2 tailed  lebih  kecil  dari  0,05.  Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara metode pembelajaran karya wisata virtual dan ceramah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Karya wisata; virtual; berpikir kritis; IPS

References


Al-Husban, N. A. (2020). Critical Thinking Skills in Asynchronous Discussion Forums: A Case Study. International Journal of Technology in Education (LITE), 3 (2). 82-91 DOI: https://doi.org/10.46328/ijte.v3i2.22

Arends, Richard I. (2008). Learning To Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arens, R.I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: The Mc Graw-Hill Companies, inc. https://hasanahummi.files.wordpress.com/2017/04/connect-learn-succeed-richard-arends-learning-to-teach-mcgraw-hill-2012.pdf

Arifin, Zaenal. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Afrouz, Rojan. (2021). Approaching uncertainty in social work education,a lesson from COVID-19 pandemic. 20(1-2). 561-567. DOI: https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/1473325020981078

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. 7(4). 281-282. DOI: http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2941/2003

Cheong, C. M & Cheung, W. S. (2008). Online discussion and critical thingking skills: A case study in a Singapore secondary school. Australasian Journal of Educational Technology. 24 (5). 556-573. DOI: https://doi.org/10.14742/ajet.1191

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thingking: An Outline of Critical Thingking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illionis.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hamid, A.R.A.H. (2020). Social Responsibility of Medical Journal: a Concern for COVID-19 Pandemic. Medical Journal of Indonesia. 29 (1). 1-3. DOI: https://doi.org/10.13181/mji.ed.204629

Johnson, Elaine B. (2009). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.

Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016. Jakarta: Kemdikbud.

Oktariana, P. S. (2017). Implementasi Metode Problem-Based Learning (PBL) Untuk Optimalisasi Student-Centered Lerning (SCL) Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjamin Mutu. 3 (1). 76-78. DOI:

http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v3il.94.

Prawira, A. S. Y., Armiyati, dkk (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 55 Jakarta. Chronologia: Journal of History Education. 1 (3). 14-22. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jhe/article/view/4729

Rustono, Via Widia dkk. (2016). Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Ekonomi Masyarakat Sekitar. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus.

Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sani, M. A. (2017). Kontribusi Pendekatan Kontruktivis Jerome Bruner Terhadap Pendidikan. PARIPEX – Indian Journal Of Research. 6 (2). 269. https://www.worldwidejournals.com/paripex/recent_issues_pdf/2017/February/February_2017_1486558341_137.pdf

Snyder, J. J. & Wiles, J. R. (2015). Peer Led Team Learning in Introductory Biology: Effects on Peer Leader Critical Thinking Skills. Plos One Education Research. 1-18. DOI:

https://doi.org/10.1371/journal.pone.0115084

Somantri, Nu’man. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PPS-FPIPS UPI dan PT. Remadja Rosdakarya.

Susilo, A. dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. 7(1). 45-67. DOI: http://dx.doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Widia, Via, Dian Indihadi, Rustono, (2016), Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Ekonomi Masyarakat Sekitar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (1), 1-12.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) pandemic. Accessed: June 23, 2022. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Zulkifli, N.N., Halim, N.D.A & Yahya, N. (2016). Measuring Critical Thingking in Online Discussion: Analysis Model. Regional Conference in Engineering Education (RCEE) Conference Proceeding. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar