Desain Service Science untuk Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Jawa Timur

Nadya Reza Revika, Wiwik Handayani

Abstract


Service Science telah banyak diterapkan untuk meningkatkan kualitas suatu pelayanan karena dapat menjadi studi dalam mengembangkan inovasi baru untuk menentukan keberhasilan layanan yang ada. Keberhasilan layanan tersebut dapat dilihat dari kualitas layanan elektronik yang dimilikinya. Untuk meningkatkan E-Service Quality, Artificial Intelligence dapat diimplementasikan sebagai bagian dari sebuah sistem.  Tujuan dari penelitian ini untuk merancang inovasi layanan dengan penerapan Service Science menggunakan atribut dalam dimensi E-Service Quality dan Artificial Intelligent untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap E-Learning Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment dan analisis matriks House of Quality, sehingga dapat dikatakan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website e-learning UPNVJT dapat dikatakan kurang memuaskan bagi mahasiswa karena masih terdapat kesenjangan dari segala aspek pertanyaan. Dan tingkat prioritas karakteristik teknis yang harus dilakukan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa, yaitu pertama peningkatan sistem login dan keamanan, kedua peningkatan tampilan website e-learning, ketiga optimalisasi dan efisiensi sistem website e-learning, dan keempat pengembangan media layanan mahasiswa.


Keywords


Artificial Intelligence; E-Learning; E-Service Quality; House Of Quality; Service Science

References


Abdel-Basset, M., Mohamed, R., Zaied, A. E.-N. H., & Smarandache, F. (2019). A Hybrid Plithogenic Decision-Making Approach with Quality Function Deployment for Selecting Supply Chain Sustainability Metrics. Symmetry, 11(7), 903.

Ansyah, A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengarangan. Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian.

Ardelia, L., & Pradana, G. W. (2022). Inovasi Pelayanan E-SIAP (Elektronik Sistem Aplikasi Pendaftaran) Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar. Publika, 309–322.

Ary, M. (2021). Technology Acceptance Model (TAM) dan Webqual untuk Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Mahasiswa Baru (SIM-PMB). Jurnal Tekno Insentif, 15(1), 41–53.

Azmi, R. K., Krisnanik, E., & Indarso, A. O. (2021). Analisis Kualitas Website E-learning Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa. Senamika, 2(1), 353–362.

Beverungen, D., Müller, O., Matzner, M., Mendling, J., & vom Brocke, J. (2019). Conceptualizing smart service systems. Electronic Markets, 29(1), 7–18.

Bock, D. E., Wolter, J. S., & Ferrell, O. (2020). Artificial Intelligence: Disrupting What We Know About Service. Journal of Services Marketing.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160.

Huang, M.-H., & Rust, R. T. (2018). Artificial Intelligence in Service. Journal of Service Research, 21(2), 155–172.

Kiumarsi, S., Isa, S. M., Jayaraman, K., Amran, A., & Hashemi, S. (2020). The effect of service innovation on service loyalty in post offices. In Int. J. Business Innovation and Research (Vol. 21, Issue 1).

Miati, I., & Setiawan, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality (SIAKAD CLOUD) Terhadap Kepuasan Mahasiswa STIA YPPT PRIATIM Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta.

Nasution, M. K. (2019). Ulasan Konsep Tentang Kecerdasan Buatan. Artificial Intelligent, 14.

Pangestuningtyas, U. P. (2021). Desain Kualitas Layanan Unit Akademik FEB UGM dengan Menggunakan Quality Function Deployment (QFD) [Universitas Gadjah Mada].

Priadi, G. B. (2019). Analisis Kualitas Layanan Elektronik (E-Service) Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api Online. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 300.

Shahin, A., & Ebrahimi, S. (2021). Revising the interrelationship matrix of house of quality by the Kano model. The TQM Journal, 33(4), 804–822.

Sihombing, E. N., & Adi Syaputra, M. Y. (2020). Implementasi Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembentukan Peraturan Daerah. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 14(3), 419.

Syakur, Abd. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau Dari Model Pembelajaran di Akademi Farmasi Surabaya. REFORMASI, 8(2), 100.

Utami, W. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik, Nilai Yang Dirasakan dan Kepercayaan Yang Dirasakan Terhadap Loyalitas Elektronik Pada Belanja Terhubung. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 13(2).

Wu, X., & Liao, H. (2018). An approach to quality function deployment based on probabilistic linguistic term sets and ORESTE method for multi-expert multi-criteria decision making. Information Fusion, 43, 13–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar