Persepsi Mahasiswa PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Blitar terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19

Aang Yudho Prastowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kuliah online yang dilakukan di PGSD UNU Blitar. Selain itu juga untuk mengetahui bentuk-bentuk aplikasi yang digunakan dalam kuliah online dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kuliah online. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian analisis deskriptif, sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester 2, 4, dan 6 di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana dan secara deskriptif. Temuan dalam penelitian ini adalah responden 157 mahasiswa sebanyak 72,6% mahasiswa memperoleh informasi kejelasan tentang perkuliahan, dari stategi belajar 71,3 % mahsiswa merasa terfasilitasi, sebanyak 83,4 % materi yang disampaiakn sama dengan Indikator pencapaian komptensi, Platform yang digunakan dalam perkuliahan online/Daring banyak menggunakan Google Meet  sebanyak 62,4%, pelaksanaan perkuliahan dilakukan secara diskusi 51%, mahasiswa termotivasi 55,4%, dari sisi pemahaman materi yang disampaikan dosen diperoleh  73,9% sebagaian memahami, dari Keberlanjutan perkulihan Daring 51,6% menyatakan ragu-ragu.

 


Keywords


Persepsi; Kuliah Online; Pandemi Covid 19

References


Al-araibi, Asma Ali Mosa, Mohd Naz’ri bin Mahrin, and Rasimah Che Mohd Yusoff. 2019. “Technological Aspect Factors of E-Learning Readiness in Higher Education Institutions: Delphi Technique.” Education and Information Technologies 24(1):567–90. doi: 10.1007/s10639-018-9780-9.

Dami. 2021. “Manajemen Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19.” Equilibrium Manajemen 7(2):105–12.

Endang Kartini, Lalu Mimbar, Izrawati. 2021. “Dan Implementasi Merdeka Belajar.” Journal Ilmiah Rinjani (JIR) Media 9(2):43–50.

Hardani, Dkk. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu.

Hendayana, Yayat, Doddy Zulkifli Indra Atmaja, Dinna Handini, Firman Hidayat, and Dkk. 2020. Buku Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi COVID-19.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. “Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020.” Mendikbud RI 1–2.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6(2):214–24. doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.

Setiawan, Risky, Djemari Mardapi, Afis Pratama, and Syahri Ramadan. 2019. “Efektivitas Blended Learning Dalam Inovasi Pendidikan Era Industri 4.0 Pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 6(2):148–58. doi: 10.21831/jitp.v6i2.27259.

Sitepu, B. P., and Ika Lestari. 2018. “Pelaksanaan Rencana Pembelajaran Semester Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 32(1):41–49. doi: 10.21009/pip.321.6.

Suhery, Suhery, Trimardi Jaya Putra, and Jasmalinda Jasmalinda. 2020. “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3):129–32. doi: 10.47492/jip.v1i3.90.

Sun, Pei Chen, Ray J. Tsai, Glenn Finger, Yueh Yang Chen, and Dowming Yeh. 2008. “What Drives a Successful E-Learning? An Empirical Investigation of the Critical Factors Influencing Learner Satisfaction.” Computers and Education 50(4):1183–1202. doi: 10.1016/j.compedu.2006.11.007.

Supriyadi, Edy. 2017. “Pengembangan Model Evaluasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Teknik Elektro.” Jurnal Edukasi Elektro 1(1):25–35. doi: 10.21831/jee.v1i1.13254.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). 2004. “Can E-Learning Replace Classroom Learning? Communications of the ACM.” Association for Computing Machinery New York, NY, United States 37(5):93.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar