Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Kadeni Kadeni

Abstract


Pengambilan keputusan dalam bisnis ketenangan emosi sangat penting, namun dalam situasi perekonomian yang tidak menentu tidak sedikit perusahaan yang mengalami kegagalan dan harus ditutup. Individu yang cerdas emosinya akan mampu untuk mengambil keputusan yang tepat dalam kondisi apapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kecerdasan emosional (kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial) terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Untuk memperoleh data menggunakan angket yang diberikan kepada 69 orang sampel yang ditentukan menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling. Hasil penelitian dengan bantuan SPSS 26 menunjukkan: 1. Kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. 2. Kecerdasan emosional (kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. 


Keywords


Kecerdasan emosional; kinerja; UMKM

References


Armstrong, M. (2009). Armstrong’s Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance (Google eBook). http://books.google.com/books?id=wtwS9VG-p4IC&pgis=1

Bozionelos, N., & Singh, S. K. (2017). The relationship of emotional intelligence with task and contextual performance: More than it meets the linear eye. Personality and Individual Differences, 116, 206–211. https://doi.org/10.1016/j.paid.2017.04.059

Bradberry, T., & Greaves, J. (2017). Emotional Intelligence.

Gitosudarmo, I. (2001). Manajemen Strategi. BPFE. Yogyakarta.

Goleman, D. (2005). Emotional Intellegence. In A Bantam Book.

Goleman, D. (2015). Emotional Intellegence Why it can matter more than IQ. In Bloomsbury. https://doi.org/10.1007/s42243-018-0133-0

Madura, J. (2001). Pengantar Bisnis (Buku Dua). Penerbit Salemba Empat.

Munizu, M. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), pp.33-41. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/17987

Muthembwa, P. M., Waiganjo, M., & Gitahi, N. (2019). Effect of Managers Emotional Intelligence on Performance of Small and Micro - Enterprises in Nakuru East Sub-County, Kenya. World Journal of Innovative Research, 7(5), 38–46. https://doi.org/10.31871/wjir.7.5.11

Rivai, V. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan:dari Teori dan Praktik. Grafindo Persada.

Salovey, P., & Mayer, J. D. (2000). Emotional intelligence. Educational Leadership, 58(3), 14–18. https://doi.org/10.2190/dugg-p24e-52wk-6cdg

Setyaningrum, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Jasa Raharja Cabang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 211–220.

Sfetcu, N. (2020). Emotional Intelligence Checklist Emotional Intelligence. Business, 9(2), 1–4. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13623.75685

Sy, T., Tram, S., & O’Hara, L. A. (2006). Relation of employee and manager emotional intelligence to job satisfaction and performance. Journal of Vocational Behavior, 68(3), 461–473. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2005.10.003




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar