Peranan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama

Jinto Jinto, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Kantor Urusan Agama Kecamatan Ceper dalam meningkatkan moderasi beragama dan hambatannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (filed research). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini meliputi Penghulu dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Ceper, Klaten. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teori Miles dan Hubberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KUA berperan sebagai penggerak moderasi beragama yang mengacu kepada empat indikator moderasi beragama. Yaitu: 1) komitmen kebangsaan, 2) tolerasnsi, 3) anti kekerasan; dan 4) akomodatif terhadap kebudayaan lokal. Dalam pelaksaaan tugas dan fungsi KUA pada peningkatan moderasi berAgama KUA Kecamatan Ceper mengalami beberapa kendala antara lain: terbatasnya SDM yang profesional dan berkualitas, minimnya anggaran.

Keywords


KUA; moderasi beragama; penyuluh agama; penggerak moderasi beragama

References


Amanda Anindya, Yusuf Hidayat, Y. A. (2020). Rehabilitasi Sosial Di Panti Sosial Bina Laras Budi. Jurnal Pendidikan Sosioligi Antropologi, 1(2), 97–106.

Budiman, A. (2020). Internalisasi nilai-nilai agama di sekolah dalam menumbuhkan moderasi beragama (Studi Kasus SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia) [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53205

Hadi, A. (2019). Kekerasan Atas Nama Agama di Indonesia. Ekspresionline.Com.

Humas Kemenag Klaten. (2022). Umat Lintas Agama Kerja Bakti Bersihkan Candi.

Humas Prov. Kaltim. (2016). TEMU CEPAT DAN LAPOR TERHADAP POTENSI ATHG. Kaltimprov.Go.Id.

Husna, U. (2020). Moderasi beragama di SMA Negeri 1 Krembung-Sidoarjo: Suatu pendekatan Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi tantangan ekstrimisme [UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/44899/

Irfan Effendi, Melisa Prawitasari, H. S. (2021). Prabayaksa : Journal of History Education. Journal of History Education, 1, 21–25.

Kementerian Agama RI. (2019). moderasi beragama kemenak RI. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Khairani, A., Zulfiqar, E., & Suhendra, D. (2022). Peranan Tokoh Masyarakat Dalam Memberantas Peredaran Narkotika, Psikotropika, Dan Obat-Obatan Terlarang (Narkoba) Di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 6(1), 181. https://doi.org/10.31604/jim.v6i1.2022.181-187

Liando, M. R., & Hadirman, H. (2022). Praktik kultur moderasi beragama dalam lembaga pendidikan Muhammadiyah (Studi di SMA Muhammadiyah Manado). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 379–392. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2089

M. Echol, John dan Shadily, H. (2009). Kamus Inggris Indonesia: An English-Indonesian Dictionary. Gramedia Pustaka.

Masturaini. (2021). Penanaman nilai-nilai moderasi beragama di Pondok Pesantren (Studi Pondok Pesantren Shohifatusshofa NW Rawamangun Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara) [Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)]. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3610/

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Pencatatan Pernikahan, Berita Negara Republik Indonesia 29 (2019).

Miles, M. ., Huberman, A. ., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Terjemahan (Tjetjep Rohindi Rohidi) (3rd ed.). SAGE Publication, Inc.

Monang, S., Saputra, B., & Harahap, A. (2022). Moderasi Beragama di Indonesia : Analisis Terhadap Akidah Ahlu Sunnah Wa Al- Jama ’ ah. 1019–1028. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2346

Muhidin, M., Makky, M., & Erihadiana, M. (2021). Moderasi Dalam Pendidikan Islam dan Perspektif Pendidikan Nasional. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 22–33. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.456

Ririn, N. U. R., Hasini, R., & Nasution, T. A. (2021). Keberfungsian Keluarga Sebagai Basis Penguatan Utara. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(2), 312–321.

Supriyatno, H. (2021). Antisipasi Bahaya Radikalisme dan Terorisme. Harianbhirawa.Co.Id.

Surya Samudra, A. (2021a). Seorang Warga Ceper Klaten Diamankan Densus 88, Warga Tak Menaruh Kecurigaan Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Seorang Warga Ceper Klaten Diamankan Densus 88, Warga Tak Menaruh Kecurigaan, https://solo.tribunnews.com/2021/04/03/seora. Solo.Tribunnews.Com.

Surya Samudra, A. (2021b). Terduga Teroris asal Ceper Sering Isi Khotbah, Ketua RT: Warga Kurang Suka Dengan Isi Ceramahnya Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Terduga Teroris asal Ceper Sering Isi Khotbah, Ketua RT: Warga Kurang Suka Dengan Isi Ceramahnya, http. Ribunnews.Com.

Yuafi, H. (2019). Kepala PKUB: Sejatinya Semua Agama Mengajarkan Kebaikan. Pkub.Kemenag.Go.Id.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar