Mengembangkan Kemampuan Berpikir Spasial Mahasiswa Melalui Pembelajaran Sistem Informasi Geografi Sebagai Penguat Karakter Peduli Lingkungan

Authors

  • Nur Cholifah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1003

Keywords:

Kemampuan berpikir spasial, Sistem informasi geografi, Karakter peduli lingkunga

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan banyak inovasi dalam bidang pendidikan. Terkhusus pada ilmu geografi terkait dengan pemetaan. Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan kajian mengenai pemetaan yang menggunakan aplikasi digital dalam pembuatan peta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Menggambarkan tahapan kegiatan dalam pengembangan kemampuan berpikir spasial melalui pembelajaran Sistem Informasi Geografi sebagai penguat karakter peduli lingkungan. Sistem Informasi Geografi  merupakan salah satu sistem keruangan untuk mengolah, identifikasi dan menganalisis karakter serta fenomena dalam ruang, sehingga mampu mengembangkan kemampuan berpikir spasial melalui proses pembelajaran. Analisis keruangan diwujudkan dalam bentuk praktikum pembuatan peta dan menganalisis fenomena yang terjadi dengan tambahan data pendukung. Pengembangan kemampuan berpikir spasial diharapkan mampu menjadi salah satu pendorong untuk penguatan karakter peduli lingkungan pada mahasiswa jurusan IPS.

References

A. Azhar, M. D. (2016). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN ETIKA LINGKUNGAN DENGAN SIKAP DAN PERILAKU MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN. Jurnal Ilmu Lingkungan, 36-41. https://doi.org/10.14710/jil.13.1.36-41

Adil, A. (2017). Sistem Informasi Geografis.

Gunawan, S. (2019). TUNTUTAN DAN TANTANGAN PENDIDIK DALAM TEKNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN DI ERA 2. 8.

Jayawardana, H. B. A. (n.d.). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini Sebagai Penguat Upaya Mitigasi Bencana Ekologis. Prosiding Symbion, Universitas Ahmad Dahlan.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Masykur, F. (2014). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS API DALAM PEMETAAN ASAL MAHASISWA. 5(2), 6.

Nofirman. (n.d.). Studi Kemampuan Spasial Geografi Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Georafflesia, 3(2), 11–24.

Oktavianto, Sumarmi, & Handoyo, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 21(1), 59–69.

Omeri, N. (n.d.). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.

Prahasta, E. (2009). Sistem Informasi Geografi Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi dan Geomatika. Informatika.

Purwanti, D. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN IMPLEMENTASINYA. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20.

Rahmad, R., Yuniastuti, E., & Wirda, M. A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8.5 PADA MATAKULIAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG). 2, 14.

Rendana, M., Jati, S. N., Saputra, A., & Damiri, N. (2022). Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Untuk Kajian Lingkungan Hidup Sebagai Pembelajaran Di Era Pendidikan 4.0 Bagi Guru Geografi di Daerah Sumatera Selatan. 6(1), 8.

Setiawan, I. (2016). PERAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL (SPATIAL THINKING). Jurnal Geografi Gea, 15(1).

https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4187

Syaviar, F. A., & Wirahayu, Y. A. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EARTHCOMM BERBANTUAN CITRA GOOGLE EARTH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL. 5(2), 8.

Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DALAM PEMBELAJARAN ABAD. 9.

Published

2022-08-20

Issue

Section

Education and Social Science