Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di ShopeeFood

Authors

  • Nur Romdlon Maslahul Adi UINSA
  • Muhammad Rafli Ilham Ramadhan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Talitha Aristawati UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Syahansyah Adi Pratama UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v7i2.1001

Keywords:

Word of Mouth, Brand Awareness, ShopeeFood

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness terhadap keputusan pembelian makanan di ShopeeFood. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis utamanya adalah analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling model purposive sampling. Kuesioner yang telah disusun sesuai dengan indikator-indikator dari tiga variabel penelitian diberikan kepada 200 mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di Surabaya. Hasil  analisis data penelitian menggunakan IBM SPSS Statistics 25 menunjukkan bahwa variabel Word of Mouth (X1) dari jasa pesan-antar makanan ShopeeFood mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) responden yang berstatus sebagai mahasiswa di Surabaya. Begitu juga dengan Brand Awareness (X2) dari jasa pesan-antar makanan ShopeeFood mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) responden yang berstatus sebagai mahasiswa di Surabaya. Secara simultan, Word of Mouth (X1) dan Brand Awareness (X2) juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan di ShopeeFood bagi mahasiswa perguruan tinggi di Surabaya.

Author Biographies

Nur Romdlon Maslahul Adi, UINSA

Muhammad Rafli Ilham Ramadhan, UIN Sunan Ampel Surabaya

Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Talitha Aristawati, UIN Sunan Ampel Surabaya

Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Syahansyah Adi Pratama, UIN Sunan Ampel Surabaya

Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

References

Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022*)&text=Menurut laporan We Are Social,tercatat sebanyak 202%2C6 juta.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p07

As’ad, S. (2020). Sharia Bank Marketing Communication Strategies in Increasing Brand Awareness (Study on Islamic Bank in Yogyakarta City). Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 20(2), 228–248. https://doi.org/10.18196/aiijis.2020.0122.228-248

Burhan, F. A. (2022). Survei Ipsos: Shopee Rajai E-commerce RI, Ungguli Tokopedia dan Lazada. Katadata. https://katadata.co.id/happyfajrian/digital/61fb9d7808a8d/survei-ipsos-shopee-rajai-e-commerce-ri-ungguli-tokopedia-dan-lazada

Dasgupta, S., & Kothari, R. (2018). The Impact of Digital Word-of-Mouth Communication on Consumer Decision-Making Processes: With Special Reference to Fashion Apparel Industry. In Holistic Approaches to Brand Culture and Communication Across Industries (p. 23). IGI Global.

Foroudi, P. (2019). Influence of brand signature, brand awareness, brand attitude, brand reputation on hotel industry’s brand performance. International Journal of Hospitality Management, 76(May), 271–285. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.05.016

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponegoro.

Hatta, I. H., & Setiarini. (2019). Pengaruh Word Of Mouth dan Switching Cost Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 12–17.

Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436

Ika, L. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/download/4075/pdf

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 1–8.

Kurniawan, D. D., & Yahya, M. F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru MTs Tholabuddin Masin Kabupaten Batang. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 5(2), 227–234. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i2.2589

Lily Anita, T., & Ardiansyah, I. (2019). The Effect of Brand Awareness, Brand Image, and Media Communication on Purchase Decision in the Context of Urban Area Restaurant. Journal of Business and Entrepreneurship, 7(2), 40–50.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Munthe, K., & Tiorida, E. (2017). Pengaruh Komunikasi Internal Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(1), 86. https://doi.org/10.35697/jrbi.v3i1.549

Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggang Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.

Ngoma, M., & Ntale, P. D. (2019). Word of mouth communication: A mediator of relationship marketing and customer loyalty. Cogent Business and Management, 6(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2019.1580123

Ramadhan, A. F., Prasetyo, A. B., & Irviana, L. (2016). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan E-Money. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(2), 1–15. https://ejournal.unisnu.ac.id/JDEB/article/view/470/833

Rangkuti, F. (2015). Spritual Leadership in Business. Gramedia Pustaka Utama.

Ratriyana, I. N. (2019). Ekuitas Merek Lokal Jogja di Mata Generasi Millenials. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1163. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.410

Rembon, A., Mananeke, L., & Gunawan, E. (2017). The Influence of Word of Mouth and Product Quality of Purchasing Decision on PT. Kangzen Kenko Indonesia in Manado. Pengaruh Word of Mouth… 4585 Jurnal EMBA, 5(3), 4585–4594.

Rotinsulu, J. J., & Hartono, W. F. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi dan Pembagian Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Prima Inti Citra Rasa Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 908–916.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07

Setyowati, D. (2022). Transaksi GrabFood Rp 109 Triliun, Jauh Lampaui GoFood dan ShopeeFood. Katadata. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/61f603b74e1e7/transaksi-grabfood-rp-109-triliun-jauh-lampaui-gofood-dan-shopeefood

Świtała, M., Gamrot, W., Reformat, B., & Bilińska-Reformat, K. (2018). The influence of brand awareness and brand imageon brand equity – an empirical study of logisticsservice providers. Journal of Economics and Management, 33(3), 96–119. https://doi.org/10.22367/jem.2018.33.06

Wardani, S. I., Latifah, N., & Rachmawati, I. (2020). Efektivitas Direct Promotion Terhadap Brand Image (Studi Kasus Pada Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar). Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 51–60.

Published

2022-05-29

Issue

Section

Education and Social Science