Pembelajaran Sejarah Berbasis Inskripsi Kerajaan Samudera Pasai untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Siswa di Era Covid 19

Nina Suryana, Widia Munira

Abstract


Pembelajaran sejarah merupakan salah satu alternatif peserta didik dalam menelusuri nilai-nilai kehidupan dari jejak historis untuk menghadapi problema sesuai dengan kondisi zaman yang selalu berubah. Dalam pengajaran sejarah yang efektif, kreatif dan inovasi dapat mencapai pembelajaran historical-mindednes dan  memiliki wawasan sejarah terutama dalam menghadapi era covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk berguna untuk meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui inskripsi Kerajaan samudera pasai sehingga peran sejarah lokal dapat mengkosepkan proses dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis dengan kunjungan langsung ke lokasi. Hasil penelitian menunjukkan inskripsi kerajaan samudera pasai dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan karakter peserta didik selama pandemi covid 19 serta menguatkan nilai-nilai karakter melalui implementasi pembelajaran sejarah berbasis inskripsi   kerajaan samudera pasai.


Keywords


Pembelajaran sejarah; inskripsi kerajaan samudera pasai; nilai-nilai karakter;covid 19

References


Abidin, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sekolah Pedesaan Dan Vokasi. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(1), 88. https://doi.org/10.17977/um0330v3i1p88-99.

Amboro, K. (2020). Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal, 3(2), 90–106. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i2.203.

Fathurrohman, P., Suryana, A., & Fatriany, P. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Kartodirjo, S. (1988, September 26). Fungsi Pengajaran Sejarah dalam pembangunan Nasional. Kompas.

Mirsa, R., Muhammad, M., Saputra, E., & Farhana, I. (2021). Space Pattern of Samudera Pasai Sultanate. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 1(2), 94–103. https://doi.org/10.52088/ijesty.v1i2.120

Oakeshott, M. (1999). On History and Other Essays. Indianapolis.

Pamungkas, S. K., Isawati, I., & Yunianto, T. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Gotong Royong Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal CANDI, 18(2), 82–96.

Pernantah, P. S., & Fikri, A. (2021). Wawasan Sejarah Pandemi Untuk Penguatan Karakter Mahasiswa Di Era Covid-19. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 15(1), 154–163.

https://doi.org/10.17977/um020v15i12021p154-163.

Pramana, A. H., Abdullah, F., Afrizal, T., & Ismail, N. (2020). Pemetaan Struktur Situs Cot Sidi Abdullah Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai Berdasarkan Sebaran Model Resistivitas. Jurnal Geografi, 12(02), 115. https://doi.org/10.24114/jg.v12i02.17205.

Rowse, A. L. (1963). The Use of History: Man and their Times. The English Universities Press LTD.

Rulianto, R. (2019). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2). https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527

Susanti, S., & Sejarah, G. (2020). Praktik Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). 5(2), 5.

White, H. (2014). The Practical Past. Northwestern University Press.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 227–238. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i2.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar