Jean Jacques Rousseau: Kehidupan, Pemikiran Pendidikan, dan Tinjauan Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Styo Mahendra Wasita Aji Universitas Negeri Ygyakarta-UNY
  • Yeni Rakhmawati Universitas Negeri Yogyakarta http://orcid.org/0000-0001-6114-767X
  • Sutinah Sutinah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Farah Alvian Ghofar Rahmat Universitas Negeri Yogyakarta
  • Jumardin Jumardin Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i1.930

Keywords:

Filsuf, Rousseau, Pemikiran Pendidikan

Abstract

Filsafat telah melahirkan tokoh yang berpengaruh di dunia, salah satunya Jean Jaques Rousseau. Pemikirannya banyak berpengaruh di berbagai bidang, namun cukup berpengaruh dalam pendidikan. Beberapa pemikirannya tetap memberikan dampak pada pendidikan hingga saat ini. Perlu dipertegas kembali landasan filosofis kerap menjadi pertimbangan dalam pendidikan. Oleh karena itu, seyogianya pemikiran-pemikiran filsuf perlu dikaji lebih lanjut. Pada artikel dengan metode literatur review. Studi literatur yang dilakukan tentang J. J Rousseau merumuskan sekilas kehidupan, karyanya terkait pendidikan berjudul “Emileâ€, implikasi pemikirannya yang mewarnai pendidikan Indonesia dewasa ini.  Pendapat Rousseau pendidikan seyogianya pendidikan kembali ke kebaikan alam “back to natureâ€. Artinya pendidikan kembali pada kodrat alam manusia, dimana anak adalah subyek pendidikan yang terus tumbuh sesuai usianya. Di Indonesia sendiri praktik pendidikan yang memiliki relevansi, misalnya konsep peran guru yang tidak mendominasi. Pendidikan berpusat pada anak, dan mempertimbangkan masa perkembangan anak.

Author Biography

Styo Mahendra Wasita Aji, Universitas Negeri Ygyakarta-UNY

Mahasiswa Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta masuk tahu 2021.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana

Betrand, C. (2017). Jean Jaques Rousseau. https://plato.stanford.edu/entries/rousseau/#Educ

Cranston, M. (1991). Jean-Jacques: the early life and work of Jean-Jacques Rousseau, 1712-1754. University of Chicago Press.

Darmawan, I. P. A. (2016). Pendidikan ‘Back To Nature’: Pemikiran Jean Jacques Rousseau Tentang Pendidikan. Satya Widya, 32(1), 11-18.

Delany, JJ. (2017). Jean-Jaques Rousseau (1712-1778). https://iep.utm.edu/rousseau/

Diedericks, M. (2021). Assessment of Jean-Jacques Rousseau's educational concept" natural inclination" from a Reformed worldview perpective. Tydskrif vir Christelike Wetenskap| Journal for Christian Scholarship, 57(1&2), 42-56.

Garnodin, K., & Hagoldin, S. (2021). Menyoal Efektifitas Kuliah Daring: Analisis Filosofis atas Dinamika Kuliah Daring Selama Pandemi Covid-19 dalam Terang Pemikiran Jean-Jacques Rousseau. FOCUS, 2(1), 1-9.

Hart, M. H. (1978). The 100: A ranking of the most influential persons in history. Citadel press.

Jergus, K. (2018). Jean-Jacques Rousseau (1712–1778). In International handbook of philosophy of education (pp. 395-406). Springer, Cham.

Koops, W. (2012). Jean Jacques Rousseau, modern developmental psychology, and education. European Journal of Developmental Psychology, 9(sup1), 46-56.

Laverty, M. J. (2011). CAN YOU HEAR ME NOW? JEAN-JACQUES ROUSSEAU ON LISTENING EDUCATION. Educational Theory, 61(2), 155–169.

Obioha, E. C., & Oguguo, V. N. THE URGENCY OF REDISCOVERING QUALITY EDUCATION FOR DEVELOPMENT IN THE LIGHT OF JEAN JACQUES ROUSSEAU.

Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang standar nasional pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/165024/pp-no-57-tahun-2021

Permendikbid 81 A taun 2013. Implementasi Kurikulum. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A-2013ImplementasiK13Lengkap.pdf

Permendikbud No 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan tahun pembelajaran 2021/ 2022. https://disdik.beraukab.go.id/ova_doc/permendikbud-no-1-tahun-2021-penerimaan-peserta-didik-baru/

Rousseau,J.J. (2019). Emile: Or, On Education. New York: Open Road Integrated Media

Rukiyati & Purwastuti, L.A. (2015). Mengenal Filsafat Pendidikan. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131763780/pendidikan/bpk-mengenal-filsafat-pendidikan.pdf

Ruslan, I. (2013). Pemikiran “Kontrak Sosial†Jean Jacques Rousseau dan masa depan umat beragama. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 8(2), 17-36.

Soëtard, M. (1994). Jean-Jacques Rousseau. education (Paris, UNESCO: International Bureau of Education), 24(3/4), 423-38.

Suyitno, Y. (2009). Tokoh-tokoh Pendidikan Dunia. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/195009081981011-Y._SUYITNO/TOKOH-TOKOH_PENDIDIKAN_DUNIA.pdf

Published

2023-02-26

Issue

Section

Education and Social Science