Penerapan Model Pair Checks Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.91Keywords:
Pair Checks, Prestasi Belajar, IPSAbstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) seringkali dianggap sulit sehingga banyak siswa yang gagal atau mencapai nilai (prestasi belajar) yang relatif rendah. Untuk itu perlu dilakukan tidakan guna mengatasi permasalahan tersebut. salah satu tindakan yang tepat adaah dengan menerapkan model pembelajaran pair cheks. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi gejala alam dengan model pembelajaran Pair Checks (pasangan mengecek). Hasil penelitian menunjukkan adanya eningkatan prestasi beajar IPS setelah menggunakan model ini. Anak yang memenuhi KKM telah melebihi angka ketuntasan kelas.References
Aqib, Zainal. 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia
Djamarah, Syaiful Bahri.2012. Prestasi Belajar: Jakarta: Rineka Cipta
Fajar, Arnie. 2009. Portofolio. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fajri, Em Zul. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Diffa Publishe.
S. Lusi., & Samuel. 2013. Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Andi Offset
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
2017-08-02
Issue
Section
Education and Social Science