Penerapan Model Pair Checks Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas VI

Authors

  • Siti Zaenab SDN 1 Pogalan Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.91

Keywords:

Pair Checks, Prestasi Belajar, IPS

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) seringkali dianggap sulit sehingga banyak siswa yang gagal atau mencapai nilai (prestasi belajar) yang relatif rendah. Untuk itu perlu dilakukan tidakan guna mengatasi permasalahan tersebut. salah satu tindakan yang tepat adaah dengan menerapkan model pembelajaran pair cheks. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi gejala alam dengan  model pembelajaran Pair Checks (pasangan mengecek). Hasil penelitian menunjukkan adanya eningkatan prestasi beajar IPS setelah menggunakan model ini. Anak yang memenuhi KKM telah melebihi angka ketuntasan kelas.

References

Aqib, Zainal. 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia

Djamarah, Syaiful Bahri.2012. Prestasi Belajar: Jakarta: Rineka Cipta

Fajar, Arnie. 2009. Portofolio. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fajri, Em Zul. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Diffa Publishe.

S. Lusi., & Samuel. 2013. Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Andi Offset

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2017-08-02

Issue

Section

Education and Social Science