Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah English Specific Purpose Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Blitar untuk Alat Promosi Pariwisata Blitar
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.882Keywords:
Pengembangan, CCU, Media SosialAbstract
Dari pengamatan yang telah dilakukan ditemui bahwa mahasiswa masih kesulitan berbicara Bahasa inggris sesuai dengan kebutuhan bagi peserta didik dan dalam konteks lingkungan kerja. English Specific Purpose sebagai promosi pariwisata di Blitar dimana Blitar memiliki banyak potensi pariwisata yang perlu disikapi dengan cermat dengan menyiapkan SDM yang mumpuni untuk pengelolaannya. Penelitian ini merupakan pengembangan Desain Research. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan produk mata kuliah English Specific Purpose. Adapun produk berupa bahan ajar English specific purpose for English Tourism yang diajarkan untuk semester 6 mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2021/2022. Sedangkan model Penelitian ini adalah Model Plomp, yang menggunakan tahapan berupa Preliminary Research, Development or Prototyping Phase dan Assesment Phase. Untuk melihat layak dan tidaknya produk peneliti menggunakna validator untuk memvalidasi produk. Validator diantaranya adalah validator instrument, materi dan media. Dari hasil validasi yang telah dilakukan ahli diperoleh rerata tingkat kevalidan sebesar 87,50%.
References
Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2010). An Introduction to Educational Design Research (T. P. N. Nieveen (ed.)). Netzodruk, Enschede.
Anas Sudijono (2011: 43). (2014). Dinar Rahu, 2014 Manfaat Hasil Belajar Desain Mode Busana Sebagai Kesiapan Praktek Industri Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.
Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
E. Mulyasa. (2009). Kurikulum Yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi DasarNo Title. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gohil, N. (2015). Role and Impact of Social Media in Tourism : A Case Study on the Initiatives of Madhya Pradesh State Tourism INTRODUCTION : REVIEW OF LITERATURE : 5(4), 8–15.
Johns, A. M., Paltridge, B., & Belcher, D. (2011). New Directions in English for Specific Purposes Research. Michigan: University of Michigan Press.
Megianasari. (2020). Analisis Sektor Wisata Edukasi Kampung Coklat dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat dan Kesempatan Kerja di Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. In IAIN Tulungagung.
Saifudin, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Cross Cultural Understanding (CCU) Berbasis Media Sosial di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 516. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.252