Penurunan Minat bersekolah di SD Negeri dibandingkan SD Islam: Studi Kasus di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar

Riyadus Solihin, Achmad Ryan Fauzi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Dimana ketika memasuki usia sekolah dasar kebanyakan orang tua siswa memilih menyekolahkan anaknya ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar Islam (SDI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab penurunan minat untuk bersekolah di Sekolah Dasar Negeri dibandingkan Sekolah Dasar Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif berjenis studi kasus.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan minat ini disebabkan karena program pendidikan keagamaan di SDI/MI lebih banyak dan seimbang daripada di SDN. Sementara saat ini masyarakat sangat membutuhkan sekolah yang berbasis keagamaan dengan harapan adanya kesimbangan antara ilmu umum dan agama yang kelak dapat membentuk akhlak anak mereka.

Keywords


penuruan, minat, sekolah dasar negeri

Full Text:

PDF

References


Ansori, Khairil. 1992. Sebuah Alternatif Menghadapi Arus Globalisasi

Bachri. B.S. 2010. Meyakinkan Validitas Data melalui Trianggulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1): 46-62.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2016. Index Pembangunan Manusia. (Online), (https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/26), diakses 15 Februari 2015.

Baxter, Pamela. & Jack, Susan. 2008. Qualitative Case Study Methodology: Study Design and Implementation for Novice Researchers. The Qualitative Report. (Online), 13(4): 544-559. (http://www.nova.edu/ssss/QR/QR13-4/baxter.pdf), diakses 16 Juli 2017.

Burchinal, M. R. & Peisner-Feinberg, E. (2002). Development of Academic Skills from Preschool Through Second Grade: Family and Classroom Predictors of Developmental Trajectories. Journal School Psychology, 40(5), 415 – 436.

Carvalho, Carolina., Martins, Dulce., Santana, Lidia E. Feliciano, Luis. 2014. Teacher Feedback: Educational Guidance in Different School Contexts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, (Online) 159: 219 – 223. (http://www.sciencedirect.com), diakses 10 Februari 2017.

Creswell. John W. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. terj. Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dapodik. 2016. Data Pokok Pendidikan Tahun Ajaran 2016/2017 Jenjang SD di Kecamatan Garum. (Online), (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/), diakses 25 Januari 2017.

Fitriani, Laily. 2015. Pendidikan Peace Building di Pesantren: Sebuah Upaya Mencegah Radikalisasi. Ulul Albab. 16(1): 117-130.

Lawson, D. R. (2010). An assessment of Arabic transliteration systems. Technical Services Quarterly, 27 (2), 164-177.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. SAGE Publication Asia-Pacific Pte. Ltd. Singapore.

Nasution, Sahadir. 2013. Pendidikan Non Formal Kaitannya dengan Pembinaan Remaja. Forum Paedagogik. 5(1): 109-124.

Neamtu, Daniela Mihaela. 2015. Education, the economic development pillar. Procedia - Social and Behavioral Sciences. (Online), 180:413 – 420. (http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815014846), diakses 10 Februari 2017.

Pramudia. Joni Rahmat. 2006. Orientasi Baru Pendidikan: Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, (Online), 3 (1): 29-38, (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._ LUAR_SEKOLAH/197106141998031-JONI_RAHMAT_PRAMUDIA /JURNAL-ORIENTASI_BARU_PENDIDIKAN.pdf), diakses tanggal 27 Oktober 2016.

Scott, D. G. (2011). The spiritual as critical and political. International Journal of Children's Spirituality, 16 (4), 293-299.

Seica, Aline., & Sanches, Maria de F C. 2014. School Equity: The Students’ Perspectives in Diverse School Contexts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, (Online) 116: 2015 – 2022. (http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042814005308), diakses 10 Februari 2017.

Serafín, Čestmír., Dostál, Jiří., & Havelka, Martin. 2015. Inquiry-Based Instruction in The Context of Constructivism. Procedia - Social and Behavioral Sciences, (Online), 186: 592 – 599, (http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815023101), diakses 18 Januari 2017.

Setyarini, Ida Nurhayati., Joyoatmojo, Sutarno., & Sunardi. 2014. Penerapan Sistem Pembelajaran “Fun & Full Day School” untuk Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SDIT Al Islam Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. (Online), 2 (2): 231-244, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses 21 Juli 2017.

Siswoyo, Dwi. 2013. Pandangan Bungkarno tentang Panacasila dan Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, (Online), 32 (1): 103-115, (http://staff.uny.ac.id /sites/default/files/penelitian/Dr.%20Dwi%20Siswoyo,%20M.Hum./artikel%20cakrawala.pdf), diakses 23 Juli 2016.

Solichin, Mohammad Muchlis. 2012. Rekonstruksi Pendidikan Pesantren sebagai Character Building menghadapi Tantangan Kehidupan Modern. Karsa. 20(1): 58-74.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwarti & Zainuddin, HM. 2017. Social Studies Learning through Cooperative Script Aplication: Development Strategy of Coorperative and Opinion Appreciation Character for Elementary School Students. Journal Of Development Research. (Online), 1(1): 8-14. (http://journal.unublitar.ac.id/jdr), diakses 17 Juli 2017.

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekertariat Negera Republik Indonesia. (Online), (www.setneg.go.id), diakses 11 Juli 2016.

Veloo, Arsaythamby., Perumal, Selvan., & Vikneswary, R. 2013. Inquiry-based instruction, students’ attitudes and teachers’ support towards science achievement in rural primary schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, (Online), 93: 65-69, (http://www.sciencedirect.com/science/ article/pii/S1877042813032564), diakses 18 Januari 2017.

Wahyu. 2011. Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa. Komunitas, (Online), 3 (2): 138-149, (http://journal.unnes.ac.id /nju/index.php/ komunitas/article/2310/2363), diakses tanggal 23 Juli 2016.

Wekke, I. S. & Hamid, S. 2013. Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83, 585–589.

Wekke, Ismail Suardi. 2015. Arabic Teaching and Learning: A Model From Indonesian Muslim Minority. Procedia - Social and Behavioral Sciences. (Online), 191: 286 – 290. (www.sciencedirect.com), diakses 19 Juli 2017.

Yin, R. K. 2003. Case Study Research: Design and methods. 3rd ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publishing.

Zainuddin. 2016. Designing Scientific Learning Model Application in Low-grade of Primary Schools Based on the 2013 Curiculum in East Java, Indonesia. Journal of Social Science (COES&RJ-JSS), (Online), 5 (3): 229-237,(http://www.centreofexcellence.net/J/JSS/Vol5/No3/JSSarticle3, 5_3_pp229-237.pdf), diakses tanggal 14 September 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar