Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Siti Wasingah

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam beserta peningkatannya. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Peningkatan hasil belajar sejak pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2  Siklus I sampai dengan Siklus II menunjukkan bukti bahwa dengan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Kata Kunci : Group Investigation, Hasil Belajar, PAI

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati, D. & Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Cet. ketiga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. 2007. Metode penelitian. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sukidin, B. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia.

Vierwinto. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri Gendongan 03. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga : Program Studi PGSD UKSW

Yudi Wiratama (2014) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). (Online), (http://yudi-wiratama.blogspot.co.id/2014/01/model pembelajaran-kooperatif-tipe.html.), diakses 10 juni 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar