Persepsi Guru Pamong Anak Usia Dini Terhadap Pembelajaran Daring dari Rumah (BDR) Masa Pandemi Covid-19

Siti Karomah, Saptono Hadi

Abstract


Merebaknya pandemic dan permasalahan daring berdampak pada dunia pendidikan anak usia dini. Penelitian bertujuan mengidentifikasi persepsi pembelajaran dari rumah, keefektifannya, dampak sistem pembelajaran, dan pembelajaran selama belajar dari rumah selama pandemi Covi-19. Penelitian kualitatif, desain rancangan silang (cross sectional), subjek guru pamong Gugus Talun. Penjaringan melalui wawancara, kuesiener, dan kartu pencatatan lapangan, analisis data menggunakan teknik analisis diskursit, dan angket diinterpretasikan. Hasil kajian menyatakan pembelajaran dari rumah sebagai upaya keselamatan dan kesehatan bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan semua warga satuan pendidikan; pembelajaran daring kurang efektif, dan optimal sebagai akibat ketidaksiapan lembaga-masyarakat didik pendidikan anak usia dini.


Keywords


Persepsi, BDR, AUD, Blitar

References


Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. Retrieved from repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf.

Arifah Prima Satrianingsih. 2021. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 Pages 633-640. ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print). DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.574

Despa Ayuni. Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini. Volume 5 Issue 1 Pages 414-421. ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print). DOI: 10. 31004/obsesi.v5i1.579

Firman. 2020. Pembelajran Online di tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). Maret, Volume 02, Nomor 02, ISSN 2622-6197 (online).

Haryani, Faradillah. (2020). Pembelajaran Interaktif Secara Daring. Mathematics Education Departement Faculty of Education Sampoerna University. Faradilla.haryani@sampoernauniversity.ac.id.

Hasbi, Miuhammad, dkk. (2020). Penilaian Perkembangan Aanak Selama Belajar Dari Rumah. Jakarat: Direktorat PAUD Kemendikbud.

Hasbi, Muhammad, dkk. (2020). Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid (Selama Kebijakan Belajar dari Rumah). Jakarta: Direktorat PAUD Kemedikbud.

Hasbi, Muhammad, dkk. (2020). Mengenal Dukungan Psikologi Awal (DPA). Bagi Orang Tua Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Laman http://buku.kemdikbud. go.id atau melalui post-el buku@kemdikbud.go.id.

Irham, Muhammad, dkk. 2016. Psikologi Pendidikan. Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Jhoni Warmansyah. 2021. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 Pages 743-754. ISSN:2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print). DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.573

La Hewi. 2021. Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 Pages 158-167. ISSN:2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print). DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.530

Mumppuni, Natalia dewi. (2019). Model Manajemen Pembelajaran Online Pada Pendidikan dan Pelatihan Guru Pendamping Muda PAUD. Kelolal Jurnal Manajemen Pendidikan. E-ISSN 2549-9661, vol 6, No. 2, Juli-desember, hal 206-213.

Natalia Dewi Mumpuni. 2019. Model Manajemen Pembelajaran On line Pada Pendidikan dan Pelatihan Guru Pendamping Muda PAUD. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan. jurnalkelola@gmail.com. E-ISSN 2549-9661. Volume: 6, No. 2, Juli-Desember, Halaman: 206-213.

Punaji Setyosari. 2019. Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. TEP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri (UM).

Rahmah (2018). Persepsi Guru tentang Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Melati Kecamatan Simpang Tiga Pekanbaru. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education Homepage: http://ejournal.uin suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN Vol. 1, No. 2, November 2018, Hal. 89-101

Email: Jcie.piaud@uin-suska.ac.id p-ISSN 2621-0339, e-ISSN 2621-0770

Rahman, U. (2019). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4.

Sasmedi, Darwis, dkk. (2020). Pengelolaan sekolah selama belajar dari rumah pada masa new normal. Seri webinar Penjaminan Mutu Pendidikan 2 sd 4 Agusutus. LPMP Sulawesi Selatan.

Sugama Maskar. 2019. Persepsi Peserta Didik terhadap Metodhe Blended Leraning dengan Google Clasroom. Inomatika: Jurnal Inovasi Matematika, Volume 1, Nomor 2, Halaman 110-121.

Syaiputra Wahyuda Meisa Diningrat. 2019. Desain Model Pembelajaran On line Sebagai Upya Memfasilitasi Belajar Di tempat Kerja. Jurnal Pendidikan terbuka dan Jarak Jauh. Volume 20, Nomor 1, Maret halaman 17-24

Tsania Zahra Yuthika wardhani. 2020. Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah On line Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. E ISSN: 2581-1126. Vol 7, No: 1, Hal: 48-59

Wardhani, Tsaniya Zahra Yuthika, dkk. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat. E ISSN: 2581-1126, April, vol 7, No. 1, hal: 48-59

Wulandari, Hesti, dkk. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN: 2549-8959, vol 5 hal 452-462




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i2.819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar